Follow Us

Tak Ada Lagi Notifikasi YangTerpotong Dengan Reveal

Andrie Rifani - Senin, 02 Juli 2012 | 15:00
Tak Ada Lagi Notifikasi YangTerpotong Dengan Reveal

Notification Center pada iOS 5 sangat dicintai para pengguna iDevice. Notification Center mampu mengganti pop-up yang kerap muncul dan menganggu ketika kita sedang menikmati konten di iOS menjadi banner yang lebih ramah.

Desain notifikasi di iOS 5 memang bagus, terutama pada bentuk Banner, walaupun notifikasi dengan bentuk pop-up juga diperlukan, misalnya untuk notifikasi pada Alarm. Namun ada satu kekurangan pada cara kerja notifikasi yang terdapat di iOS 5. Pesan yang terdapat pada notifikasi selalu terpotong atau sengaja dipotong, dan apabila kamu ingin melihat secara penuh, kamu harus membuka aplikasi yang memberikan notifikasi tersebut. 2 (dua) orang developer Cydia yang bernama Conrad Kramer (@conradev) dan Joshua Tucker (@joshmtucker) membuat sebuah tweak yang membantu kita untuk melihat notifikasi secara utuh, tanpa perlu membuka sebuah aplikasi, tweak tersebut diberi nama Reveal.

Fitur

Reveal akan langsung aktif setelah instalasi selesai dilakukan, tidak terdapat penambahan ikon baru dan tidak perlu melakukan pengaturan apapun. Reveal akan memberikan 3 (tiga) fungsi tambahan dari notifikasi, yaitu Scrollable banners, Scrollable lock screen bubbles, dan Expandable lock screen cells.

Scrollable banners, fungsi tambahan ini diberikan pada notifikasi banner, sehingga kamu dapat melakukan scroll secara horizontal pada notifikasi dengan bentuk banner untuk melihat isi notifikasi secara keseluruhan. Scrollable lock screen bubbles, fungsi tambahan ini diberikan pada notifikasi bubble. Kini kamu dapat melakukan scroll secara vertikal pada notifikasi dengan bentuk bubblr untuk melihat isi notifikasi secara keseluruhan. Dan yang terakhir adalah Expandable lock screen cells, Â fungsi ini juga diberikan pada notifikasi bubble, dan dikhususkan pada iPad. Cara untuk melihat isi notifikasi secara keseluruhan dengan fungsi ini adalah dengan melakukan tap pada ikon kecil yang berkedip pada bubble.

Kesimpulan

Reveal dapat kamu peroleh di Cydia pada repository BigBoss seharga $1.99. Sejauh ini saya menemukan beberapa kekurangan yang terdapat pada Reveal, yaitu, tweak ini tampaknya tidak terlalu berfungsi dengan baik pada saat menerima notifikasi dari aplikasi Line dan mempunyai batasan karakter saat menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp. Kamu tetap bisa melakukan scroll pada notifikasi banner yang muncul, namun pesan yang diterima tetap terpotong. Kemudian, fungsi Scrollable lock screen bubblesjuga tidak bekerja apabila kamu menerima lebih dari 1 (satu) aplikasi pada waktu yang berdekatan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest