Follow Us

Membuat Jam di Home screen Bergerak Dengan Clockify

Andrie Rifani - Senin, 09 Juli 2012 | 15:00
Membuat Jam di Home screen Bergerak Dengan Clockify

Sadarkah kamu sebagai pengguna iDevice, bahwa aplikasi Clock yang terdapat pada Homescreen selalu menunjukkan pukul 10.15? Sebagian orang mengatakan bahwa angka 10.15 digunakan untuk menghormati munculnya Macintosh Classic pada Oktober, 15 1990. Sebagian lagi mengatakan bahwa Apple hanya ingin tampak berbeda, karena pada umumnya, bentuk jam selalu ditampakkan pada posisi 10.10. Kalau kamu bosan melihat aplikasi Clock yang diam pada posisi 10.15, di Cydia ada tweak baru yang dapat membuat aplikasi Clock tersebut bergerak, tweak ini disebut Clockify.

Pengenalan

Clockify dibuat oleh Nikos Lykousas agar jam tidak hanya statis di angka 10.15. Tweak seperti ini bukanlah yang pertama, dulu sudah pernah ada tweak yang berfungsi untuk menggerakkan aplikasi Clock yang terdapat pada Home screen. Lalu apa yang membedakan tweak ini dengan tweak yang lainnya? Mari kita simak fitur-fitur kerennya.

Fitur

Fitur utama Clockify adalah membuat aplikasi Clock yang terdapat pada Homescreen bergerak. Fitur ini bisa kamu aktifkan pada Settings > Clockify > Clock Icon. Kamu juga dapat memilih untuk mengaktifkan jarum yang menunjukkan detik di menu Hide seconds hand. Sebelum memasuki menu Display Style, sebelumnya kamu perlu mengetahui keunikan dari tweak ini. Warna ikon Clock yang terdapat Homescreen berubah sesuai dengan jam yang ditunjukkan.

Misalkan waktu menunjukkan pukul 7 malam, maka warna dari ikon Clock akan berubah menjadi hitam/gelap. Sedangkan apabila waktu menunjukkan pukul 7 pagi, maka warna dari ikon Clock akan berubah menjadi putih. Pada menu Display Style, kamu dapat mengatur warna dari ikon tersebut, apakah selalu putih, selalu hitam/gelap, tanpa angka jam, dan Alternative. Sebagai informasi tambahan, menu Alternative hanya digunakan apabila kamu yang mempunyai themes untuk digunakan pada Clockify.

Fitur selanjutnya adalah Lockscreen Clock(s). Menurut saya ini merupakan salah satu fitur yang unik, karena dengan fitur ini, kamu juga bisa melihat jam-jam di negara lainnya, dengan cara memilih mode Local Time + World Clock, jam yang muncul akan disesuaikan dengan negara-negara yang kamu masukkan pada aplikasi Clock. Untuk melihat jam-jam di negara lain, kamu cukup melakukan swipe pada jam yang terdapat di Lockscreen.

Fitur terakhir adalah Notification Center Clockify Plugin. Fitur ini mirip dengan fitur sebelumnya, namun fitur ini bertempat di Notification Center. Pengaturan yang dilakukan sama, yaitu dengan memilih Local Time + World Clock, namun di sini terdapat opsi tambahan untuk mengatur besarnya jam yang akan tampak pada Notification Center. Kamu dapat mengaktifkan fitur ini lewat Settings > Notification > NCClockify.

Kesimpulan

Clockify dapat kamu beli di Cydia pada repository BigBoss seharga $1.00 saja. Tidak ada penambahan ikon pada tweak ini, sehingga semua perubahan dapat kamu lakukan melalui Settings. Clockify dapat kamu kombinasikan dengan DashboardX yang pernah dibahas oleh MakeMac beberapa saat lalu. Cydia juga sudah mulai menyediakan beberapa themes keren untuk membuat Clockify tampak lebih unik.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andrie Rifani

Latest