Follow Us

Meetup Minggu #2 id-ObjectiveC — UI/UX

Fauzan Alfi - Rabu, 04 Juli 2012 | 12:41
Meetup Minggu #2 id-ObjectiveC — UI/UX

Komunitas developer aplikasi iOS, id-Objective kembali mengadakan #MeetupJakarta pada hari Sabtu, 30 Juni 2012 di Coffee Institute, Jakarta. Pembahasan utama dari meetup ini adalah UI/UX pada aplikasi iOS dan penerapan custom UI di Xcode. Meetup dihadiri oleh 40 peserta yang sudah terdaftar sebelumnya via milis dan rata-rata peserta yang hadir adalah para developer yang baru terjun ke pengembangan aplikasi iOS. Selain itu, meetup ini dihadiri oleh rekan-rekan media yaitu MakeMac dan iCreate.

Meetup ini dibuka oleh Vice President id-ObjectiveC, Finan Akbar dari Beetlebox dan dilanjutkan dengan perkenalan id-ObjectiveC oleh President id-ObjectiveC, Andri Yadi dari Dycode. Andri merekap perjalanan id-ObjectiveC dari awal berdiri hingga sukses menyelenggarakan id-ObjectiveC Developer Conference (IDOC) pertama di Bandung dan murni merupakan acara komunitas. Rencananya, IDOC akan kembali diselenggarakan pada tahun 2013.

Selanjutnya, Fajar Putranto membahas pembuatan tampilan antarmuka (user interface) untuk aplikasi iOS hingga menjadi sebuah mockup yang bisa dicoba langsung via Xcode. Fajar menerangkan bahwa tampilan antarmuka yang menarik sangat efektif dalam memasarkan aplikasi iOS. Jika menggunakan custom UI atau skinning, maka aplikasi tersebut akan menonjol di antara ratusan ribu aplikasi lainnya di App Store.

Setelah Fajar, Muhammad Taufik membahas tentang Storyboard di Xcode. Taufik menjelaskan tentang scene dan segue serta perbedaan keduanya. Selain itu, Taufik memberikan demo penggunaan Storyboard dan pembuatan prototipe menggunakan Xcode. Lalu, sesi ini dilanjutkan oleh Ikhsan Assaat dengan implementasi custom UI ke prototipe yang sudah dibuat sehingga tampilan aplikasi menjadi lebih menarik. Meetup pun dilanjutkan dengan penjelasan umum tentang custom UI oleh Andri Yadi. Andri menjelaskan custom UI untuk aplikasi iOS dengan studi kasus aplikasi Path dan Facebook Camera untuk iOS. Andri pun memberi sebuah demo bagaimana cara membuat interaksi tampilan yang serupa dengan aplikasi Path.

Meetup pun ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan para pembicara dan sesi networking. Meetup ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin menjadi developer aplikasi iOS. Oleh karena itu, id-ObjectiveC berencana untuk melaksanakan meetup ini rutin sebulan sekali. Bila kamu berminat, kamu bisa gabung ke milis id-ObjectiveC.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest