Follow Us

Ulasan Aplikasi Podcast Buatan Apple

Kuswanto - Jumat, 06 Juli 2012 | 18:00
Ulasan Aplikasi Podcast Buatan Apple

Apple telah melepaskan aplikasi Podcast di iOS yang terpisah dari aplikasi iTunes, mendahului rilis iOS 6. Saya telah menggunakannya selama beberapa hari ini, dan sangat mengaguminya terutama desain antarmukanya.

Pada iOS 5 jadinya Podcast bisa diakses melalui iTunes atau Podcast. Tapi, tentunya aplikasi Podcast baru lebih enak dipakai dan lebih fokus kepada konten podcast dibandingkan aplikasi iTunes yang berisi segala macam konten yang tersedia di iTunes Store.

Pada aplikasi Podcast ada dua bagian utama, Library dan Catalog. Library merupakan tempat di mana konten podcast yang sudah disimpan atau yang sudah pernah diputar secara streaming. Pada bagian Library terdapat bagian Top Stations, yaitu station podcast yang populer dengan suguhan antarmuka seperti mencari saluran radio analog. Sedangkan Catalog berupa tempat di mana mencari saluran untuk mengunduh podcast atau bisa juga diputar secara streaming. Kita juga bisa berlangganan (Subscribe) suatu saluran podcast, apabila sudah subscribed, setiap ada episode podcast baru akan otomatis diunduh oleh aplikasi Podcast.

Yang paling saya sukai adalah desain antarmuka ketika memutar podcast audio yang sangat retro. Ketika mendengarkan podcast audio saya disuguhkan sebuah layar dengan tape deck yang menggulung pita rekaman. Serasa kembali ke masa-masa tahun 90-an, sebelum CD dan MP3 sebagai de facto format audio standar. Animasi gulungan pita, melihat kilatan plastik penggulungnya dan desain tombol yang seperti sungguhan.

Saya biasanya mendengarkan podcast pada malam hari, sekarang tampaknya kebaiasaan tersebut akan semakin sering dilakukan setelah ada aplikasi Podcast. Terima kasih kepada fitur Sleep Timer, di mana kita bisa mengatur waktu kapan aplikasi Podcast akan berhenti memutar suatu podcast, baik itu dalam suatu interval atau ketika podcast telah selesai diputar.

Selain iTunes U untuk belajar, kalian juga bisa mendapatkan ilmu baru melalui channel podcast, atau mendapatkan opini dan berita baru mengenai hal-hal yang kalian suka. Enaknya menggunakan podcast, kita bisa membuat aplikasi Podcast otomatis mengunduh episode terbaru seperti yang telah dijelaskan di atas.

Tunggu apalagi install Podcast di iPad, iPhone atau iPod touch kamu sekarang, dan nikmati banyak channel podcast.

[review_web site=”http://www.apple.com/support/ios” appstore=”https://makemac.com/s/podcastapp” price=”Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest