Follow Us

Any.DO: Aplikasi To-Do Sederhana Namun Efektif

Ricardo Parker - Jumat, 06 Juli 2012 | 15:00
Any.DO: Aplikasi To-Do Sederhana Namun Efektif

Terkadang ada banyak tugas yang kita harus kerjakan dalam sehari, dan semuanya harus diselesaikan tanpa satu tugas pun yang terlupakan. Bagi pengguna iPhone ada banyak aplikasi yang tersedia di App Store yang berguna sebagai catatan tugas-tugas yang harus dikerjakan. Semuanya menawarkan kemudahan penggunaan dan antarmuka yang menarik. Salah satunya adalah aplikasi Any.DO.

Any.DO memiliki tujuan dan fungsi yang sama dengan aplikasi to-do lainnya. Artikel yang pernah ditulis MakeMac tentang aplikasi produktivitas bisa menjadi referensi. Lalu apa yang menjadi perbedaan Any.DO dengan aplikasi to-do lainnya??

Perbedaan pertama adalah Any.DO memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan yang lainnya. Fitur autocomplete adalah salah satunya. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu menulis secara keseluruhan apa tugas kamu. Misalnya ketika kamu baru menulis kata “Bring”, Any.DO menawarkan banyak pilihan tugas yang umum, seperti Bring Money for, Bring medicine, dan kamu tinggal pilih tugas mana yang memang ingin kamu simpan di Any.DO.

Fitur kedua yang tak kalah menarik adalah “Speak Your Mind”. Dengan fitur ini kita tidak usah repot-repot untuk mengetik tugas yang ingin kita simpan. Cukup dengan sapuan kecil dari atas ke bawah, maka kamu cukup menyebutkan tugas apa yang ingin kamu simpan di Any.DO. Any.DO akan mengubahnya dari suara menjadi teks. Selain itu, Any.DO mampu menggunakan akun Facebook kamu sebagai akun Any.DO sehingga kamu tidak perlu lagi membuat akun baru khusus untuk Any.DO. Dengan akun ini, jika kamu memiliki tugas yang kamu simpan di iPhone kamu, tugas tersebut juga dapat kamu lihat di iPad.

Cara menggunakan Any.DO juga sangat mudah, untuk membuat tugas baru kamu cukup menambahkannya dengan memilih tombol tambah. Swipe ke kanan untuk menandakan bahwa tugas itu telah selesai, dan shake untuk menghapus tugas yang telah kamu selesaikan. Kamu juga bisa membuat skala prioritas dari tugas-tugas yang ada. Caranya adalah dengan memilih tugas yang sudah kamu buat, dan set priority. Dengan cara ini juga kamu bisa berbagi tugas yang kamu punya dengan teman kamu lewat Facebook dan juga Twitter.

Aplikasi Any.DO juga dapat digunakan dalam mode landscape, dalam mode ini kamu dapat melihat kalender yang dapat kamu gunakan untuk mengatur kapan tugas itu harus dikerjakan. Aplikasi Any.DO juga dapat kamu gunakan di browser Google Chrome kamu, sehingga kamu dapat melihat tugas yang kamu buat lewat Chrome. Tapi tentu saja dengan sinkronisasi terlebih dahulu.

Dengan kemudahan penggunaannya dan fitur yang menarik lainnya, membuat saya menjatuhkan pilihan kepada Any.DO dibandingkan aplikasi todo lainnya.

[review_web site=”https://makemac.com/s/anydoweb” appstore=”https://makemac.com/s/anydoapp” price=”Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Ricardo Parker

Latest