Follow Us

Cara Memasang Suara Samantha (Siri) Pada OS X

Sayz Lim - Kamis, 12 Juli 2012 | 14:39
Cara Memasang Suara Samantha (Siri) Pada OS X

Siri merupakan sebuah fitur yang sangat penting di iPhone 4S dan Apple tidak segan-segan membuat iklan untuk menjagokan satu fitur yang satu ini. Suara di balik fitur Siri yang dikenal dengan Samantha ini sebenarnya bisa kamu gunakan juga pada fitur Dication & Speech di OS X. Menggunakan suara Samantha akan memberikan speech yang lebih jelas dan enak didengar.

Kamu dapat memasang suara Samantha pada OS X Lion dengan membuka System Preferences > Speech > Text to Speech > Customize dan pilih Samantha dari daftar yang tersedia. Kemudian kamu cukup menunggu download yang berukuran sebesar ±450 MB.

Memanfaatkan Fitur Speech

Tidak cukup hanya menggunakan suara Samantha. Harus tersedia sebuah cara sederhana agar OS X bisa membaca teks yang diseleksi tanpa harus right-click dan pilih Speech > Start Speaking dari menu kontekstual. Pada halaman yang sama kamu bisa menentukan shortcut yang bisa digunakan untuk meminta Samantha membaca teks yang diseleksi.

Pastikan “Speak selected text when the key is pressed” sudah dicentang dan tekan «Change Key». Saya menggunakan shortcut ⌘+⌥+Return karena jarang bentrok dengan shortcut sistem yang lain.

Akhir Kata

Tanpa Siri pun kamu bisa mendapatkanya pengalaman yang menyenangkan dalam mendengar Samantha membacakan tulisan-tulisan di OS X. Saya sering menggunakan fitur ini untuk meminta Samantha membaca kembali tulisan dalam Bahasa Inggris atau sekadar memastikan bahwa cara pembacaan sebuah kata sudah benar. Kalau kamu lebih tertarik dengan Siri dalam Bahasa Indonesia, Damayanti bisa saja membantu kamu membaca teks Bahasa Indonesia.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest