Follow Us

Bob Mansfield: Semua Produk Apple Kembali Mengikuti Aturan EPEAT

Sayz Lim - Sabtu, 14 Juli 2012 | 09:00
Bob Mansfield: Semua Produk Apple Kembali Mengikuti Aturan EPEAT

Beberapa waktu yang lalu MakeMac pernah memberitakan penarikan semua produk Apple dari peraturan EPEAT, sebuah badan milik pemerintah Amerika yang memastikan bahwa setiap produk dapat didaur-ulang sehingga tetap ramah lingkungan.

Keputusan Apple untuk keluar dari EPEAT disebabkan oleh salah satu peraturan EPEAT yang menuntut setiap produk bersertifikasi dapat dibongkar sehingga bisa diperbaiki dan diganti bagian dalamnya. Apple merasa keberatan atas peraturan tersebut karena bisa menjadi sebuah hambatan bagi mereka dalam merancang produk-produk Apple terbaru seperti MacBook Pro Retina display yang tidak dapat dibongkar layarnya.

Tindakan tersebut mengundang berbagai reaksi dari berbagai pihak dan tidak sedikit konsumen Apple merasa kecewa atas keputusan Apple. Menjawab reaksi tersebut, Senior Vice President of Hardware Engineering, Bob Mansfield menulis sebuah surat terbuka yang menyatakan bahwa semua produk Apple kembali mengikuti sertifikasi EPEAT.

Dalam surat terbuka dari Bob Mansfield “Apple and the Environment“:

We’ve recently heard from many loyal Apple customers who were disappointed to learn that we had removed our products from the EPEAT rating system. I recognize that this was a mistake. Starting today, all eligible Apple products are back on EPEAT.

It’s important to know that our commitment to protecting the environment has never changed, and today it is as strong as ever. Apple makes the most environmentally responsible products in our industry. In fact, our engineering teams have worked incredibly hard over the years to make our products even more environmentally friendly, and much of our progress has come in areas not yet measured by EPEAT.

Apple selama ini selalu memastikan semua produknya mengikuti peraturan dan tetap ramah lingkungan dengan menawarkan [program recycling]. Saya berharap keputusan mereka untuk turut serta dalam sertifikasi EPEAT tidak menjadi sebuah hambatan dalam menghasilkan produk terbaik yang selama ini mereka lakukan. Sebuah produk yang bagus tidak boleh hanya berguna bagi konsumen, namun secara bersamaan harus mampu berkontribusi ke masyarakat dan tidak membawa dampak negatif terhadap lingkungan.

Kali ini Apple tidak mengorbankan lingkungan demi produknya. Dan saya cukup senang mendengar berita ini. Mungkin saja EPEAT bisa melakukan sedikit perubahan dalam peraturan yang ada. Bagaimana menurut Anda? Apakah keputusan Apple kali ini akan menghambat kualitas produk mereka?

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/environment/letter-to-customers/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest