Follow Us

Solusi Untuk Apple Bluetooth Keyboard yang Tidak Bisa Pairing

Kuswanto - Senin, 16 Juli 2012 | 12:45
Solusi Untuk Apple Bluetooth Keyboard yang Tidak Bisa Pairing

Saya mempunyai sebuah Apple Keyboard yang sudah cukup lama. Seperti biasa, barang baru Apple pasti performanya bagus, jarang sekali berulah. Cara pairing-nya dengan Mac sangatlah mudah. Tapi belakangan ini, sering mengalami kesulitan pairing dengan Mac. Ternyata solusinya sangat luar biasa mudah sekali.

Pengalaman yang tidak menyenangkan karena susah pairing sangatlah membuat jengkel, kebanyakan solusi yang ada di Internet menyarankan untuk mengganti baterai. Ternyata masalahnya bukan di baterai, soalnya, walaupun ganti ke baterai yang baru Apple Bluetooth Keyboard tetap tidak mau pairing.

Apabila Apple Bluetooth Keyboard kamu tidak bisa tersambung atau pairing, ini yang harus kamu lakukan. Pertama, buka Bluetooth Preference, kemudian hapus Apple Bluetooth Keyboard yang terdaftar. Hal ini dilakukan untuk melakukan proses pairing ulang, memastikan bahwa Apple Bluetooth Keyboard masih mengeluarkan sinyal Bluetooth.

Tekan tombol power di Apple Bluetooth Keyboard selama 5 detik untuk memasukannya ke dalam mode Discovery, ditandai dengan lampu hijau berkedip. Apabila tidak bisa berkedip, masalah yang kamu hadapi sama dengan Apple Bluetooth Keyboard saya.

Nah, solusinya ternyata sangatlah mudah. Bluetooth mempunyai jarak jangkauan yang relatif dekat, 5–20 meter. Yang harus kamu lakukan supaya Apple Bluetooth Keyboard masuk ke mode Discovery, jauhkan Apple Bluetooth Keyboard dari Mac kamu sampai ke luar jangkauan sinyal Bluetooth. Atau, bisa juga dengan pindah ke ruangan yang sinyal radio Bluetooth Mac tidak bisa masuk. Setelah lampu hijau Apple Bluetooth Keyboard berkedip, kembalilah ke depan Mac, kemudian lakukan pairing seperti yang pernah ditunjukan di artikel Cara Setup Keyboard Nirkabel.

Saya merasa sangat bodoh, kenapa tidak pernah terpikirkan hal tersebut, solusinya sangat mudah dilakukan dan sangat mendasar. Punya masalah dengan Apple Keyboard kamu? Silakan tuliskan di komentar.

[source site_name = “Apple Discussion” site_url = “https://discussions.apple.com/thread/2791974?start=0&tstart=0”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest