Follow Us

Mengganti Default Browser di iOS Dengan BrowserChooser

Andrie Rifani - Senin, 16 Juli 2012 | 21:18
Mengganti Default Browser di iOS Dengan BrowserChooser

Akhir Juni lalu, MakeMac pernah membahas tentang peramban baru yang dapat digunakan pada setiap iDevice yang kamu miliki, yaitu Google Chrome. Namun seperti kita ketahui, iOS tidak memiliki pengaturan pilihan default browser. Hal ini membuat setiap link yang kita buka melalui sebuah aplikasi (Tweetbot misalnya) akan selalu diarahkan kepada Safari.

Seorang developer aplikasi Cydia bernama Ryan Petrich agaknya menyadari hal ini sehingga memutuskan untuk membuat suatu tweak yang berguna untuk memberikan tambahan pilihan Default Browser pada menu Settings yang terdapat di iOS. Tweak ini dinamakan BrowserChooser, dan dapat kamu unduh secara gratis lewat Cydia. Sebagai tambahan informasi, Ryan Petrich adalah developer di balik Activator yang berfungsi sebagai launcher alternatif di iOS.

Pemasangan

Sebelum melakukan pengunduhan, pertama-tama kamu harus memasukkan repository tambahan di Cydia. Repository ini dapat kamu tambahkan dengan memilih Manage > Edit > Add. Kemudian masukkan alamat repository yang dimiliki oleh Ryan Petrich, yaitu http://rpetri.ch/repo/ pada pop-up menu yang disediakan.

Kemudian untuk mengunduh BrowserChooser, masuklah pada menu Search dan lakukan pencarian BrowserChooser. Sebagai tambahan informasi, BrowserChooser entah mengapa tidak terdapat pada repository yang dimiliki oleh Ryan Petrich tersebut, namun pencarian BrowserChooser tidak dapat kamu lakukan apabila kamu tidak memasukkan repository tersebut sebelumnya.

Fitur

BrowserChooser dapat kamu gunakan untuk beberapa peramban pihak ketiga, antara lain Google Chrome, Opera Mini, iCab, Mobile, Dolphing Browser, Atomic Browser, Diigo, iLunascape, MammothIV, Puffin, Mercury dan tentu saja, Safari. Pilihan peramban tersebut dapat kamu pilih melalui Settings > BrowserChooser, nantinya BrowserChooser secara otomatis akan mengetahui peramban apa saja yang sudah kamu miliki, dan kamu akan diberikan pilihan mana yang ingin kamu gunakan sebagai Default Browser.

Kesimpulan

BrowserChooser cukup baik untuk kamu pasang pada iDevice yang kamu miliki. Selain gratis, BrowserChooser juga memiliki kemungkinan yang sangat kecil dalam membuat Springboard kamu menjadi crash. Kemampuan yang simpel dan berguna yang dimiliki oleh BrowserChooser membuatnya menjadi cukup fungsional, terutama untuk kamu yang lebih menyukai peramban pihak ketiga, ketimbang peramban Safari yang sudah tersedia secara otomatis di setiap perangkat iOS.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest