Follow Us

Petunjuk Cara Refund Dari App Store

Kuswanto - Selasa, 17 Juli 2012 | 17:30
Petunjuk Cara Refund Dari App Store

Proses membeli aplikasi dari App Store sangatlah mudah, Apple membuatnya semuanya terasa singkat baik itu memakai kartu kredit atau mengginakan iTunes Gift Card. Tapi bagaimana cara refund ketika kita salah membeli atau aplikasi tersebut tidak bekerja seperti yang dijanjikan? Inilah cara meminta refund pembelian dari App Store.

Proses refund tidaklah mudah atau cepat, ada beberapa langkah yang harus ditempuh. Semua langkah dibawah ini tentunya membutuhkan koneksi internet dan iTunes.

Setiap kali kita membeli aplikasi dari App Store, Apple akan mengirimkan sebuah email sebagai kwitansi pembelian. Di email tersebut ada sebuah tautan untuk melaporkan masalah. Tautan tersebut juga dipakai untuk refund.

Apabila kamu klik tautan tersebut, akan dibuka di browser kemudian iTunes akan merender halaman sebenarnya untuk Report a Problem. Klik Report a Problem di iTunes.

Di layar berikutnya akan ada form. Halaman ini yang paling penting, pastikan kamu memilih opsi yang dirasakan sesuai. Untuk refund biasanya saya memilih “This application does not function as expected”. Pastikan kamu menulis keterangan dengan terperinci dalam Bahasa Inggris. Yak! Harus dalam B. Inggris, jangan B. Indonesia apalagi bahasa daerah.

Kemudian klik Submit, halaman selanjutnya hanya halaman konfirmasi dan ada tautan ke dukungan aplikasi tersebut.

Setelah itu, seharusnya kamu mendapatkan balasan dari iTunes Support, waktu menerima balasan bisa beragam. Sabar saja. Kalau dirasakan terlalu lama, ulangi langkah diatas, sampai ada balasan dari iTunes Support.

Semoga tips ini berguna buat semuanya. Mohon koreksi kalau ada yang salah.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest