Follow Us

Layar iPhone 5 Akan Lebih Tipis Dengan Berteknologi Baru

Hendra Saputra - Selasa, 17 Juli 2012 | 20:15
Layar iPhone 5 Akan Lebih Tipis Dengan Berteknologi Baru

Diperkirakan, layar iPhone 5 akan hadir dengan ukuran yang lebih tipis dari sebelumnya. Wall Street Journal mengabarkan bahwa Apple menggunakan In-Cell technology pada perangkat barunya tersebut. Hal ini tampaknya bertujuan agar ukuran iPhone 5 dapat dibuat menjadi lebih tipis dan lebih ringan.

Apple Inc.’s next iPhone, currently being manufactured by Asian component makers, will use a new technology that makes the smartphone’s screen thinner, people familiar with the matter said

Menurut WSJ, tahap produksi untuk layar tersebut tengah berlangsung dan layar ini diproduksi oleh 3 perusahaan LCD ternama seperti Sharp, Japan Display Inc. dan LG. In-Cell adalah sebuah teknologi dimana sensor touchscreen tergabung menjadi 1 dengan panel LCD.

Mengingat tabiat Apple yang suka melakukan inovasi dan “penipisan” ukuran sebuah produk, tampaknya sangat mungkin kalau Apple akan menggunakan teknologi ini. Sekedar informasi, teknologi layar pada smartphone sekarang ini terdiri dari 3 lapisan komponen pada bagian layar: panel LCD, kemudian sensor touchscreen dibagian bawahnya, dan Gorilla Glass dilapisan teratas. Jika menggunakan In-Cell technology, maka hanya akan terdapat 2 lapisan pada bagian layar yaitu: Panel LCD sekaligus sensor touchscreen, kemudian Gorilla Glass pada lapisan teratas. Tentu saja ukuran iPhone akan menjadi lebih tipis beberapa mm karena bergabungnya sensor touchscreen tersebut.

Berdasarkan pemberitaan Macrumors bulan April lalu. Seorang analis dari KGI Securities, Ming Chi Kuo menyatakan jika ukuran iPhone 5 nantinya akan lebih tipis 1,4mm (7,9mm) dari sebelumnya (9,3mm).

Ming mengatakan jika Apple menggunakan In-Cell technology pada iPhone 5, itu baru akan mengurangi ketebalan handset sebanyak 0,5mm. Ia menambahkan bahwa ada kemungkinan jika Apple juga akan mempertipis ukuran komponen lainnya seperti ukuran batterai yang akan berkurang 10% dan ukuran case yang berkurang 0,5mm karena penggunaan bahan metal. Ya, namun spekulasi tetaplah spekulasi.

iPhone 5 kemarin baru saja diberitakan tengah memasuki tahap produksi. iPhone 5 juga dikabarkan akan menggunakan layar berukuran 3,999 inch (4") dengan resolusi 640 x 1136.

[source site_name = “Wall Street Journal” site_url = “http://online.wsj.com/article/SB10001424052702303754904577532121136436182.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest