Follow Us

Google Chrome Menguasai 1.5% Pangsa Pasar Browser iOS

Hendra Saputra - Kamis, 19 Juli 2012 | 14:00
Google Chrome Menguasai 1.5% Pangsa Pasar Browser iOS

Kehadiran Chrome di iOS tentunya membawa angin segar bagi para pecinta peramban besutan Google tersebut. Kami pernah mengulasnya beberapa waktu lalu tidak lama setelah aplikasi tersebut diluncurkan. Setelah beberapa lama bertengger di Apps Store, kira-kira apa dampak yang diberikan oleh peramban ini bagi Safari?

Chitika merilis persentase penggunaan Chrome di iOS setelah 3 minggu sejak kehadirannya di App Store. Dari hasil ini, diketahui Chrome berhasil menggaet 1.5% pengguna iOS sedangkan 85.6% pengguna masih menggunakan Safari. Kemudian 13% sisanya menggunakan browser-browser lain. 1.5% mungkin bukan sebuah hasil yang besar tapi tunggu dulu.

Angka 1.5% adalah angka yang besar bagi Chrome di iOS, mengapa? Seperti yang kita ketahui, Safari adalah aplikasi bawaan dari iOS dan Apple tidak mengijinkan browser lain menjadi default browser di iOS. Bila berhasil meraih 1.5% saja dari total 100% maka itu sudah bisa dikatakan sebuah pencapaian yang cukup baik karena Chrome adalah aplikasi pihak ketiga dan Chrome pastinya bukan sebuah default browser di iOS.

Jika Apple memperbolehkan peramban lain menjadi default di iOS, AppAdvice bertaruh angka ini bisa lebih meningkat.

I bet those numbers would be far greater if non-jailbreak users could choose their default browser, though.

Saya pribadi tidak menyukai Chrome versi iOS. Saya akui, saya memang menyukai Chrome versi desktop karena menurut saya Chrome versi desktop memiliki kecepatan yang membuat saya nyaman dalam melakukan aktivitas browsing di internet. Tetapi untuk Chrome versi iOS tidak begitu. Ia tidak dapat menghadirkan pengalaman browsing yang nyaman seperti yang Google hadirkan pada versi desktop. Contohnya saja ketika saya ingin membuka MakeMac di Chrome iOS, lama sekali. Saat itu sinyal saya berada di jaringan EDGE.

Bagaimana denganmu? Apakah kamu juga sependapat dengan saya? Silahkan bagikan di kolom komentar.

[source site_name = “Chitika” site_url = “http://insights.chitika.com/2012/chrome-for-ios-grabs-1-5-share-of-ios-browser-market/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest