Follow Us

Cara Membuat dan Mengganti Keyboard Shortcut Aplikasi

Kuswanto - Senin, 23 Juli 2012 | 18:00
Cara Membuat dan Mengganti Keyboard Shortcut Aplikasi

Keyboard shortcut dapat mempercepat pekerjaan hanya dengan menekan beberapa tombol untuk mengeksekusi perintah suatu aplikasi. Biasanya shortcut sudah disediakan oleh pembuat aplikasi dan bisa dilihat melalui menu, atau bisa juga memakai aplikasi Cheatsheet. Tapi, pasti ada beberapa menu item yang tidak memiliki shortcut. Untungnya, OS X memungkinkan kita membuat shortcut sendiri, berikut ini caranya.

Jalankan System Preferences, kemudian buka Keyboard diteruskan ke tab Keyboard Shortcuts. Di sebelah kiri, paling bawah terdapat Application Shortcuts, di sinilah tempat pembuatan keyboard shortcut.

Sebagai contoh, saya akan membuat keyboard shortcut Tweetbot untuk menu Retweet dan Quote Tweet, secara default kedua menu tersebut tidak mempunyai shortcut.

Tekan tombol [+] yang ada di sebelah kanan, akan muncul jendela pop-over. Saya memilih aplikasi Tweetbot, judul menu “Retweet”, dengan keyboard shortcut “Shift Command R”. Setelah menekan tombol Add, shortcut yang tadi dibuat pasti sudah terdaftar beserta dengan nama aplikasinya. Selanjutnya saya akan membuat shortcut untuk Quote Tweet, dengan metoda yang sama. Ketika membuat keyboard shortcut, pastikan judul menu tertulis dengan benar.

Shortcut yang dibuat hanya berlaku untuk aplikasi tersebut, dengan kata lain shortcut hanya berlaku kalau aplikasinya aktif. Pastikan juga shortcut yang dibuat belum dipakai di aplikasi tersebut, apabila sudah terpakai shortcut yang lainnya tidak akan bekerja.

Trik ini juga bisa kamu gunakan untuk mengganti shortcut yang sudah ditentukan aplikasikan. Misalnya kamu bisa mengganti shortcut Google Search… Safari ke ⌘+K seperti di Google Chrome. Selamat mencoba!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest