Follow Us

Mengubah Kamar Menjadi Ruang Konser Mini Dengan Audio Engine D1

Lecto - Selasa, 24 Juli 2012 | 14:00
Mengubah Kamar Menjadi Ruang Konser Mini Dengan Audio Engine D1

Apakah Anda merasa kurang puas dengan kualitas suara dari iTunes kesayangan Anda? Ataukah Anda ingin merasakan lebih lagi, di mana vokal menjadi lebih menonjol seolah-olah sang penyanyi di depan Anda, detailnya suara desahan nafas penyanyi, suara petikan senar yang jernih, cymbal drum yang renyah, hingga suara jari yang bertemu dengan tuts piano? Singkatnya Anda dapat mengubah kamar pribadi Anda menjadi ruang konser pribadi, sehingga apa yang Anda dengarkan seolah-seolah merupakan musik yang dimainkan secara live di depan Anda.

Perangkat Apple Anda tentu sudah dilengkapi sound card. Fungsi sound card adalah untuk mengubah file-file music yang disimpan, baik dalam bentuk AAC, MP3, WAV, CDA ke dalam gelombang suara yang dapat ditengarkan telinga. Untuk mendengarkan file yang sudah diubah menjadi gelombang suara, maka headphone atau speaker dihubungkan dengan kabel jack yang ujungnya memiliki diameter 3.5mm. Meskipun kualitas suara yang dihasilkan oleh sound card internal pada perangkat Apple mungkin sudah cukup merdu, namun ia tidaklah menghasilkan suara yang benar-benar premium.

Audioengine, salah satu perusahaan pionir dalam dunia reproduksi suara hadir dengan produknya D1 yang cocok untuk meningkatkan pengalaman Anda tenggelam dalam indahnya alunan musik. Produk ini kompatibel dengan semua komputer/ laptop Apple yang memiliki USB port. Ditambah lagi, Audioengine D1 juga siap berkolaborasi dengan Apple TV untuk mereproduksi suara yang lebih menggelegar.

Instalasinya pun cukup mudah dan tidak memerlukan banyak kabel. Cukup hubungkan kabel USB yang sudah satu paket dengan produk ini ke USB port laptop/desktop/Apple TV Anda. Perangkat ini akan terdeteksi dan terkonfigurasi secara otomatis (plug & play). Di panel depan, terdapat lubang input untuk headphone/earphone kesayangan Anda. Sebaliknya, pada panel belakang, terdapat 2 lubang RCA untuk menghubungkannya dengan speaker. Selain itu terdapat pula lubang input digital untuk kabel fiber optic untuk berhubungan dengan perangkat Apple TV.

Bagaimana kualitas suaranya? Berikut bisa disimak perbandingan [spesifikasi] antara menggunakan Audioengine D1 serta tanpanya:

Sound Card Natif Internal Apple

  • Bit Depth (Max): 16 bit
  • Sample Output (Max): 48Khz
  • SNR : +/- 80db
Soundcard / DAC Audioengine D1

  • Bit Depth (Max): 24 bit
  • Sample Output (Max): 192Khz
  • SNR: +/- 110db
Singkatnya Audioengine D1 mereproduksi suara yang lebih jernih, bersih, detail dan menggebuk dibandingkan jika hanya menggunakan sound card natif/ internal Apple. Mendengarkan lagu Susan Wong, Close to you, tersingkap suara yang tebal dan basah. Suara cymbal bergema lebih panjang. Beberapa suara instrumen musik yang sebelumnya kurang jelas, kini terdengar jelas di kiri dan kanan telinga. Soundcard/DAC ini juga berhasil memposisikan setiap kanal suara dengan lebih baik. Suara vokal terasa mantap di tengah, sementara suara piano dan gitar terdengar lebih ke kiri dan ke kanan. Sementara itu suara drum terdengar berada di belakang penyanyi. Tabuhan drum, lantunan piano dan petikan gitar terasa lebih mantap dan presisi. Pejamkan mata, dan nikmatilah konser pribadi di kamar Anda.

Perangkat yang berukuran 3.5x4x1" yang dijual seharga $169 ini layak menemani Anda, khususnya bila Anda mengaku bahwa musik adalah bagian dari hidup Anda. Ukurannya yang mini, instalasinya yang mudah, dan tidak perlunya daya listrik terpisah (cukup menggunakan kabel USB) membuatnya mungkin untuk menjadi perlengkapan konser pribadi Anda yang portable.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Lecto

Latest