Follow Us

Selamatkan Tombol Home Menggunakan Zephyr

Andrie Rifani - Jumat, 27 Juli 2012 | 12:39
Selamatkan Tombol Home Menggunakan Zephyr

Tombol Home merupakan tombol yang sangat penting pada setiap iPad, iPhone dan iPod touch. Peranannya yang begitu besar dapat membuat para pengguna panik, apabila suatu saat tombol ini mengalami kerusakan atau tidak berfungsi lagi. MakeMac juga pernah memberikan beberapa tips seperti melakukan kalibrasi dan menggunakan Assistive Touch. Sebagai tambahan informasi, Assistive Touch merupakan fitur yang terdapat pada iOS 5, fitur ini diharapkan dapat menggantikan fitur Multitask Gestures yang sebelumnya dapat digunakan pada iPhone dan iPod Touch.

Assistive Touch memang sangat berguna, namun saya kurang menyukai tambahan ikon putih yang terdapat pada layar. Meskipun ikon putih ini bisa kita tempatkan di mana saja semau kita.

Kali ini MakeMac akan memberikan tweak yang memiliki fungsi yang tidak kalah dengan Multitask Gestures dan Assistive Touch. Tweak ini dibuat oleh seorang developer Cydia yang bernama Grant Paul (@chpwn), tweak yang bernama Zephyr ini ternyata disambut baik oleh para pengguna iPhone dan iPod touch. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat kemampuan dari Zephyr.

Fitur

Zephyr memiliki fungsi yang mampu menggantikan baik Multitask Gestures dan Assistive Touch. Fitur pertama adalah Swipe from Left and Right, yang berguna untuk berpindah antar satu aplikasi dengan aplikasi lainnya. Jumlah jari yang digunakan juga dapat diatur dari satu jari, sampai empat jari. Kemudian fitur selanjutnya adalah Swipe from Bottom, yang berguna apabila kita sedang membuka suatu aplikasi dan ingin kembali menuju Homescreen. Sama seperti fitur sebelumnya, kamu juga dapat mengatur jumlah jari yang akan kamu pakai untuk menjalankan fitur ini.

Zephyr memberikan pengaturan tingkat sensitivitas untuk menjalankan setiap fitur tersebut. Kamu juga dapat mengatur agar Zephyr tidak berjalan pada saat kamu sedang menggunakan Keyboard. Zephyr juga dapat diatur agar tidak berjalan pada suatu aplikasi. Fitur tambahan yang terdapat pada Zephyr versi 1.3.4–1 adalah efek saat membuka Notification Center, di mana Notification Center akan tampak berada di belakang Homescreen.

Kesimpulan

Zephyr bisa kamu dapatkan di Cydia dengan harga $4.99. Cukup mahal memang, namun dengan fungsi yang bisa diberikannya, saya rasa Zephyr pantas untuk digunakan pada iPhone dan iPod Touch kamu. Zephyr juga dapat digunakan pada iPad, namun karena iPad masih mendapatkan fungsi Multitask Gestures, agaknya pembelian Zephyr akan sedikit merugikan.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest