Follow Us

Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal 3, 2012

Hendra Saputra - Rabu, 25 Juli 2012 | 17:00
Laporan Keuangan dan Penjualan Apple Kuartal 3, 2012

Apple baru saja mengumumkan laporan keuangan kuartal ke–3 mereka. Dan seperti yang tercantum di situsnya, Apple menginformasikan bahwa total pendapatan kali ini menembus angka $35.0 billion dengan keuntungan $8.8 billion plus keuntungan saham yang mencapai $9.32/lembar. Dibandingkan kuartal ke 3 tahun lalu, terjadi peningkatan yang cukup lumayan. Pada kuartal tahun lalu, total pendapatan Apple mencapai $28.57 billion dengan keuntungan $7.31 milyar plus keuntungan saham yang mencapai $7.79/lembar.

Dalam kesempatan itu, Apple juga mengumumkan bahwa mereka berhasil menjual 26 juta iPhone (meningkat 28%), 17 juta iPad (meningkat 84%), 4 juta Mac (meningkat 2%) dan 6.8 juta iPod (menurun 10 %).

CEO Apple, Tim Cook, berkomentar jika ia begitu takjub dengan total penjualan iPad yang mencapai 17 juta unit. Ia juga mengatakan bahwa OS X Mountain Lion akan dirilis besok serta memberi sedikit sinyal mengenai produk baru Apple (iPhone 5? iPad Mini? iTV?).

“We’re thrilled with record sales of 17 million iPads in the June quarter,” said Tim Cook, Apple’s CEO. “We’ve also just updated the entire MacBook line, will release Mountain Lion tomorrow and will be launching iOS 6 this Fall. We are also really looking forward to the amazing new products we’ve got in the pipeline.”

Di samping hal-hal menarik yang disajikan Apple pada laporan keuangan kuartal ke–3 ini, ini juga pertama kalinya total pendapatan Apple tidak berhasil melampaui ekspektasi para analisis.

Dari hasil analisa yang dirangkum oleh Philip Elmer-Dewitt (tech.fortune.cnn), 34 analis yang tergabung dalam Institutional Analyst memprediksikan pendapatan Apple kuartal ini akan mencapai $37.21 billion. Sedangkan, 34 analis lainnya yang tergabung kedalam Independents Analyst memprediksikan pendapatan Apple kuartal ini bisa menembus $41.49 billion. Namun pada kenyataannya, total pendapatan Apple pada kuartal ini hanya mencapai $35.0 milyar saja. Apakah ini petanda buruk bagi Apple? Saya rasa tidak.

Coba kita tengok lagi ke paragraf awal. Pada tahun lalu, total pendapatan Apple mencapai $28.57 billion bukan? Ini berarti terjadi peningkatan sebesar 18% dibanding tahun lalu? Saya lebih senang menyebut ekspektasi para analis kali ini dengan sebutan “ekspektasi sensasi”.

Selanjutnya, Peter Oppenheimer menargetkan total pendapatan sebesar $ 34 milyar dengan keuntungan per lembar saham sebesar $ 7.65 pada kuartal ke–4 nanti.

Kalian dapat menyimak call conference Apple perihal laporan keuangan dan penjualan kuartal ke–3, 2012 pada situs mereka. Macrumors juga menghadirkan highlights dari conference call tersebut.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/pr/library/2012/07/24Apple-Reports-Third-Quarter-Results.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest