Follow Us

Mari Kenali dan Atur Notification Center di Mountain Lion

Kuswanto - Jumat, 27 Juli 2012 | 16:57
Mari Kenali dan Atur Notification Center di Mountain Lion

Mountain Lion OS X 10.8 baru saja keluar beberapa hari. Apple semakin mengintegrasikan fitur-fitur iOS ke OS X, salah satunya adalah Notification Center yang berfungsi layaknya seperti Notification Center di iOS, bedanya di Mountain Lion muncul pada sebelah kanan layar.

Sistem penampilan notifikasi di Mountain Lion sebenarnya mirip dengan di iOS, begitu juga dengan cara kerjanya. Apalagi yang pernah memakai aplikasi Growl, sudah bukan barang baru.

Cara Akses Notification Center

Notification Center bisa diakses dengan menekan icon yang digambarkan seperti sebuah list terletak di sebelah kanan Spotlight, atau dengan swipe dua jari dari kanan ke kiri dimulai dari luar trackpad. Bagi yang memakai mouse, bisa juga menggunakan shortcut. Shortcut Notification Center secara default masih kosong, Untuk membuat shortcut Notification Center bisa dilakukan melalui System Preferences > Keyboard > Keyboard Shortcut > Mission Control, kemudian silakan assign shortcut yang diinginkan.

Setelah shortcut dibuat, gak perlu klik icon Notification Center lagi.

Pengaturan Notification Center

Sekarang System Preferences mempunyai anggota baru, Notification Center ditandai dengan icon yang sama di iOS. Di dalam preference Notification kita bisa mengatur penampilan jenis notification; tanpa notifikasi, berupa Banners, atau berupa Alerts.

Notifikasi None, artinya notifkasi dari aplikasi hanya bisa diakses kalau Notification dibuka. Pilihlah opsi ini untuk aplikasi yang tidak begitu penting.

Notifikasi Banner, ditampilkan sebagai sebuah kotak yang akan menampilkan notifikasi terbaru dari aplikasi tersebut. Banner yang muncul akan hilang setelah beberapa detik. Opsi ini cocok untuk aplikasi seperti email atau chat.

Notifkasi berupa Alerts, bentuknya mirip dengan Banner. Bedanya, notifikasinya tidak akan hilang sampai kamu klik tombol yang ada di dalam kotak notifikasi. Cocok untuk aplikasi Reminders atau pengingat lainnya.

Editor : Kuswanto

Latest