Follow Us

7 Tips Meningkatkan Pengalaman Mendengar Musik Pada iTunes

Sayz Lim - Sabtu, 28 Juli 2012 | 14:40
7 Tips Meningkatkan Pengalaman Mendengar Musik Pada iTunes

Musik sudah menjadi satu bagian dari komputer. Hampir setiap orang memiliki koleksi musik di komputernya. Ketika ingin mendapatkan kesunyian di tengah keramaian tempat kerja maupun café, satu-satunya cara adalah mengenakan headphones dan memutar lagu.

Pengguna OS X sudah diberikan sebuah aplikasi untuk memainkan musik yang dimiliki. iTunes, selain sebagai toko online untuk mendapatkan aplikasi dan musik, juga mampu memainkan lagu dengan fitur-fiturnya yang kaya.

Memilih headphone dan sound system yang tepat menentukan kualitas suara serta pengalaman mendengarkan lagu. Dari sisi aplikasi, kamu bisa mengambil beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan pengalaman menikmati musik.

  1. Menyalakan Sound Check agar iTunes selalu memutar lagu pada volume yang sama. Karena setiap lagu bisa berbeda-beda tingkat kekerasan volumenya karena pengaruh teknik pengolahan serta kompresi, menyalakan ini bisa memastikan teligamu tidak merasa cape karena perubahan volume yang sering terjadi. Kamu dapat menemukan pilihan ini di ‘Preferences > Playback’.
  2. Berpindah lagu dengan Crossfade Songs supaya terjadi transisi yang halus antara satu lagu ke lagu lainnya. Crossfade menurunkan volume lagu di bagian akhir diikuti dengan menaikkan volumen buat lagu selanjutnya. Khususnya bagi kamu yang sering mendengarkan banyak lagu, pilihan ini bisa menghilangkan kekosongan dan perubahan mendadak antar lagu. Pilihan crossfade juga dapat ditemukan di ‘Playback Preferences’.
  3. Memainkan Equalizer Preset bisa membuat kualitas suara menjadi semakin baik. Berikut ini adalah preset yang secara umum digunakan orang-orang.
  4. Menentukan Equalizer Preset per album. Cukup melelahkan untuk menerapkan langkah ini. Tetapi mengingat ada orang-orang yang tidak keberatan untuk mendapatkan pengalaman musik terbaik, kamu bisa menentukan equalizer preset per album. Untuk menyalakan pilihan ini dengan melakukan seleksi album di iTunes dan tekan ⌘+i di tab ‘Options’.
  5. Menggunakan Plug-in. Contoh dari plugin yang sudah pernah saya gunakan adalah DPS Plug-In for Mac di iTunes yang dibuat oleh Bongiovi Acoustics. Plug-In ini mampu meningkatkan kualitas suara dengan melakukan penyesuaian secara digital.
  6. Bring it to desktop dengan menampilkan lagu yang sedang dimainkan. Beberapa aplikasi mempermudah pengendalian iTunes dalam melakukan rating dan skip track. CoverSutra dan Bowtie adalah 2 aplikasi yang bisa membuat desktop semakin indah dengan ada cover album lagu yang sedang diputar.
  7. Pastikan kualitas lagu tidak dirusak teknik kompresi. Baik kamu yang sudah berpengalaman dalam soal audio ataupun hanya membutuhkan musik untuk mengisi kesunyian ketika menjalankan kegiatan, pastikan selalu lagu-lagu dalam kualitas yang baik dan tidak melewati proses yang menurunkan kualitas lagu. Dalam hal ini adalah teknik kompresi lagu.
Sebagian tips-tips di atas cukup menjadikan musik sebagai sebuah hal yang baru lagi di OS X. Musik bisa menjadi lebih baik dengan pengaturan yang benar. Enjoy the music!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest