Follow Us

Optimalkan Ibadah Dengan RomadonApp

Adham Somantrie - Senin, 06 Agustus 2012 | 12:00
Optimalkan Ibadah Dengan RomadonApp

Assalamualaikum!

Kita semua tentunya tahu kalau iPhone adalah ponsel yang sangat cerdas. Mari kita optimalkan iPhone tidak hanya untuk bermain dan bekerja, melainkan dalam setiap sisi kehidupan kita, termasuk beribadah. Bukankah tujuan diciptakannya teknologi adalah untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup?

Kali ini MakeMac akan mengulas aplikasi yang membantu teman-teman beribadah selama bulan puasa: RomadonApp.

Aplikasi ini cukup sederhana, yakni menunjukkan jadwal sholat termasuk imsak dan terbitnya matahari. Yang menarik adalah tampilan (UI) dan pengalaman menggunakannya (UX). Pengguna tidak lagi perlu repot-repot melakukan konfigurasi ataupun mendaftarkan lokasinya karena aplikasi ini akan memanfatkan layanan lokasi (location service) dengan GPS yang ada pada iPhone. Otomatis, aplikasi ini akan menyesuaikan jadwal sholat sesuai dengan lokasi pengguna. Apalagi untuk para musafir.

Memang yang muncul hanya satu jadwal saja, yakni yang akan segera tiba. Namun, tinggal di geser (slide) ke kiri atau ke kanan untuk mengubah jadwal yang ingin ditampilkan. Sederhana.

Selain itu, tampilannya juga menarik dengan adanya visualisasi dinamis matahari (saat siang) dan bulan (saat malam). Begitu juga dengan warna latar belakang, menyesuaikan dengan warna langit saat itu. Misalnya hari sudah sore, maka akan tampil matahari yang sedang terbenam dengan latar belakang jingga. Sementara di pagi hari, maka akan terlihat matahari berada sedang naik ke atas dengan latar belakang biru muda. Hanya saja, untuk malam hari, tidak menunjukkan fase bulan, hanya ikon saja. Jadi akan menampakkan bulan sabit saja setiap malam sepanjang bulan.

Tak hanya jadwal untuk hari ini saja, putar iPhone ke modus lanskap (landscape), maka kita bisa melihat jadwal sepanjang bulan Ramadhan.

Juga ada pengingat (alarm) yang bisa kita konfigurasikan sesuai jadwal sholat dan imsak. Cukup dengan tap tombol konfigurasi yang ada di kanan atas layar. Menarik bukan?

Aplikasi ini membutuhkan iOS 5.0 dan dapat berjalan di perangkat iPhone (3GS, 4, 4S), iPad, maupun iPod Touch (generasi ketiga dan keempat). Dan tersedia gratis di AppStore!

Oh iya, aplikasi ini belum bisa terintegrasi dengan Siri. Jadi jangan coba-coba bertanya, “Siri, laper nih, buka puasa masih lama gak sih?” #eh

Tak lupa, selamat menunaikan ibadah puasa bagi pembaca MakeMac yang menjalankan.

[review_web site=”http://romadonapp.com/” appstore=”http://itunes.apple.com/app/romadon/id547604486?mt=8″ price=” Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adham Somantrie

Latest