Follow Us

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Storage iCloud Menipis

Kuswanto - Selasa, 07 Agustus 2012 | 13:15
Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Storage iCloud Menipis

iCloud bukan saja berfungsi sebagai layanan email atau singkronisasi tapi bisa juga sebagai backup. Bagi yang memakai opsi gratis, hanya diberikan 5GB, pastinya akan sangat cepat habis apabila dijadikan tempat untuk backup tentunya akan cepat habis, belum lagi file-file aplikasi yang tersimpan di iCloud.

Apple akan mengirimkan email apabila storage iCloud kamu mulai menipis, atau muncul pemberitahuan di perangkat iOS. Berikut ini cara membebaskan storage iCloud, apabila kamu menerima email dari Apple, lakukan segera tips dibawah ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Upgrade Storage iCloud

Kalau uang bukanlah suatu masalah, upgrade akun iCloud merupakan cara tercepat. Kamu bisa upgrade storage iCloud di iOS melalui Settings > iCloud > Buy More Storage.

Layanan yang paling pas mungkin $20/tahun dengan kapasitas storage 10GB. Cukup untuk menjadikan tempat backup beberapa perangkat iOS. Bagi yang ingin storage lebih banyak bisa mengambil 20GB seharga $40/tahun atau yang terbesar 50GB seharga $100/tahun.

Hapus Data di iCloud

Kalau cara pertama bukanlah pilihan yang tepat saat ini, menghapus data atau backup di iCloud hanyalah satu-satunya cara.

Untuk menghapus data di iCloud melalui iOS bisa dilakukan didalam Settings > iCloud. Kemudian masuk ke Manage Storage. Di dalamnya akan terdapat informasi penggunaan storage iCloud, mulai dari backup sampai ke daftar aplikasi yang memakai penyimpanan iCloud.

Bagi yang membackup data ke iCloud, untuk menghemat tempat sebaiknya piih-pilih aplikasinya. Untuk mengizinkan suatu aplikasi menggunakan backup iCloud, masuklah ke salah satu backup di layar iCloud, kemudian di opsi Backup Option, matikan aplikasi yang tidak diinginkan.

Kalau kamu backup iOS menggunakan iTunes, iCloud backup mungkin tidaklah wajib diperlukan. Hapus saja untuk menghemat banyak storage.

Selain membatasi backup aplikasi, membebaskan storage iCloud bisa dengan menghapus file yang disimpan di iCloud. Di bagian bawah Document & Data, tap aplikasinya kemudian di layar selanjutnya tap tombol Edit kemudian hapus files yang ada di iCloud.

Apabila ada email dari Apple yang mengatakan storage iCloud akan habis, sekarang kamu tahu apa yang harus dilakukan. Seperti biasa, pertanyaan? Tuliskan di komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest