Follow Us

Apple dan Google Sepakat Hilangkan Youtube Dari iOS 6

Fauzan Alfi - Selasa, 07 Agustus 2012 | 17:08
Apple dan Google Sepakat Hilangkan Youtube Dari iOS 6

Beberapa jam yang lalu, Apple merilis iOS 6 beta 4 untuk para developer iPhone yang terdaftar. Ini merupakan update ke–3 dari iOS 6 beta sejak diperkenalkan dan dirilis di WWDC 2012 bulan Juni yang lalu. Di luar dari fitur-fitur baru yang ditambahkan, ada satu hal yang patut diperhatikan yaitu tidak ada aplikasi native YouTube di iOS 6.

Mulai dari iOS 6, Apple mulai menghilangkan satu per satu layanan Google secara default dari iOS. Hal ini dimulai dengan tergantinya layanan Google Maps di iOS 6 menjadi layanan Maps buatan Apple sendiri. Sehingga, keputusan Apple dan Google untuk menghilangkan YouTube dari iOS bukan hal yang mengagetkan.

Berikut pernyataan resmi dari Apple yang diterima oleh The Verge:

Our license to include the YouTube app in iOS has ended, customers can use YouTube in the Safari browser and Google is working on a new YouTube app to be on the App Store.

Selain itu, juru bicara YouTube pun memberi pernyataan:

We are working with Apple to ensure we have the best possible YouTube experience for iOS users.

Dari kedua pernyataan di atas, Apple dan Google sepakat untuk menghilangkan aplikasi native Youtube dari iOS. Google pun sedang mengembangkan aplikasi YouTube secara terpisah dan bisa diunduh kelak di App Store. Perubahan ini hanya terjadi di iOS 6 dan tidak untuk versi iOS sebelumnya.

Bagi pengguna perangkat iOS di Indonesia, bisa jadi ini kabar kurang baik untuk kamu semua. Pengalaman menggunakan YouTube di iOS tidak akan sebaik seperti dahulu dimana segalanya serba terintegrasi. Semoga aplikasi YouTube yang kelak akan dirilis di App Store tidak akan mengecewakan.

[source site_name = ‘The Verge’ site_url = http://www.theverge.com/2012/8/6/3223775/apple-youtube-ios6][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest