Follow Us

Cara Backup dan Restore iOS Untuk Pemula

Kuswanto - Rabu, 08 Agustus 2012 | 13:05
Cara Backup dan Restore iOS Untuk Pemula

Bagi yang memakai iOS baik itu di iPhone, iPad atau iPod touch, kadang menemukan galat (error) fatal yang membuat perangkat tidak bisa dipakai. Memperbaiki galat fatal biasanya berakhir dengan harus restore iOS. Sebelum restore untuk menghindari hilangnya data, harus dilakukan backup terlebih dahulu. Nah, berikut inilah cara backup dan restore perangkat iOS kamu menggunakan iTunes.

Cara Backup iOS

Untuk backup ke iTunes sebaiknya perangkat kamu disambungkan ke iTunes, walaupun pada iOS 5 sudah bisa melakukan backup melalui WiFi yang pastinya lebih lambat dibandingkan koneksi menggunakan kabel.

Setelah dicolokkan ke iTunes dan terbaca olehnya yang diindikasikan penampakan icon perangkat di sidebar iTunes. Klik kanan (2ndary klik) di atas nama perangkat, kemudian pilih Backup.

Waktu backup tergantung dari banyaknya data yang ada di perangkat kamu.

Restore

Ada dua metoda Restore, pertama clean restore dari IPSW (jenis file firmware iOS) yang kedua restore dari backup.

Clean Restore

Restore terpaksa dilakukan apabila perangkat iOS tidak bisa masuk ke Home Screen, seperti boot looping (mentok di logo Apple), atau perangkatnyanya nyangkut di DFU mode yang digambarkan dengan kabel dan logo iTunes. Disebut clean restore karena data yang ada di perangkat iOS kamu akan dihapus total.

Untuk melakukan restore harus terhubung ke iTunes.

  1. Colokan perangkat ke iTunes
  2. Klik nama perangkat kamu kemudian masuk ke tab Summary.
  3. Klik tombol Restore, iTunes akan mengunduh file IPSW. Atau, tahan tombol Option (Mac), Shift (Windows) dan pilih file IPSW yang sudah di download.
  4. Apabila ada pertanyaan seperti ini, pilihlah Back Up terlebih dahulu.
  5. Kemudian pilihlah Restore.
  6. Ketika restore berlangsung progress bar akan terdiam, tunggu saja jangan dibatalkan.
  7. Setelah iOS terpasang dan sudah melakukan setingan, lakukan Restore from Backup di bawah ini.

Restore from Backup

Restore dari backup, digunakan apabila ganti perangkat atau melakukan clean restore. Dengan Restore from Backup data dan setingan iOS dari backup sebelumnya akan di transfer.

Klik kanan di atas nama perangkatmu, kemudian pilih Restore from Backup. Proses restoring akan memakan waktu yang cukup lama. Pastikan Mac atau PC kamu terhubung ke listrik.

Artikel ini merupakan sambungan dari cara update iOS untuk pemula.

[source site_name = “Apple Support” site_url = “http://support.apple.com/kb/HT1414?viewlocale=en_US&locale=en_US”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest