Follow Us

Google Akan Meluncurkan Saingan Siri

Hendra Saputra - Kamis, 09 Agustus 2012 | 17:03
Google Akan Meluncurkan Saingan Siri

Berdasarkan berita yang kami kutip dari Macworld, Google akan meningkatkan kemampuan Voice Search diaplikasi Google Search iOS. Seperti yang kita tahu, Google baru saja merilis Voice Search dengan teknologi yang lebih baru untuk perangkat robot hijau. Dan dalam blog-nya, Amit Hingsal menyampaikan bahwa Voice Search juga akan hadir bagi iPhone/iPad dengan iOS diatas versi 4.2. Berikut teaser dari Voice Search iOS.

Dalam blognya Google menyampaikan bahwa mereka menggunakan database milik Knowledge Graph sebagai penyedia data bagi Voice Search sehingga data yang nantinya user terima akan hadir dengan hasil yang beragam dan bervariasi namun tetap akurat. Misalnya, jika kita mengatakan “Angelina Jolie”, maka Google akan menghadirkan data yang beragam seperti kekasih Angelina Jolie, Tomb Raider, Lara Croft, dan banyak lagi.

Namun, meskipun canggih dan digadang-gadang sebagai pesaing langsung Siri, Voice Search sebenarnya berbeda dengan Siri. Seperti yang kita tahu, Siri adalah sebuah personal assistant yang dapat membantu kita menambah jadwal ke kalender, mengingatkan sesuatu, membacakan pesan, melompat ke aplikasi tertentu dan banyak lagi. Sedangkan, Voice Search hanya terpusat pada 1 fungsi yaitu pencarian. Ya, Voice Search tidak dapat membantumu membuat jadwal atau hal lain yang dapat dilakukan Siri selain mencari. Hal ini disampaikan oleh Ars Technica:

Siri will try to bring in whatever it thinks is most relevant to your query, but that could include apps, Calendar reminders, or other items. If all you want to do is bark “When is Dark Knight playing this weekend?” into your phone with a list of results, the revised Google app will be one of the most straightforward ways to go.

Bisa dikatakan bahwa Google memang menjadikan Voice Search sebagai pesaing langsung Siri, Ya meski secara pribadi , saya lebih suka melihat Voice Search hadir sebagai aplikasi pelengkap Siri mengingat kemampuannya yang memang hanya untuk sekedar mencari, bukan menjadi sekretaris pribadi kita. Coba kamu bayangkan, lebih seru bukan jika kita memerintahkan Siri untuk mengatur jadwal, men-set reminder dan lain-lain, kemudian kita menggunakan Voice Search untuk mencari informasi?

Tidak dikabarkan lebih lanjut kapan pastinya fitur ini akan menyambangi iOS.

Sebelumnya, Google juga sempat menghadirkan peramban andalannya, Chrome bagi iOS. Dan semenjak Chrome hadir, Chrome telah berhasil menggaet 1,5% pengguna Safari.

Sumber: Google via Ars Technica

[source site_name = “Google|Ars Technica” site_url = “http://googleblog.blogspot.com/2012/08/building-search-engine-of-future-one.html|http://arstechnica.com/apple/2012/08/googles-ios-search-app-to-gain-enhanced-voice-search/”][/source]

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest