Follow Us

Curiosity Rover NASA Ternyata Berisi Komponen Apple

Kuswanto - Senin, 13 Agustus 2012 | 12:00
Curiosity Rover NASA Ternyata Berisi Komponen Apple

Pada tanggal 5 Agustus, NASA mendaratkan Curiosity Rover ke planet merah Mars dengan sukses. Curiosity Rover merupakan rover penjelajah planet Mars terbaru. Walaupun terbaru berisi komponen yang kuno menurut standar komputer saat ini, ternyata beberapa komponen merupakan komponen yang juga digunakan oleh Apple.

Update 14/08/2012: Sebelumnya terdapat kesalahan menyebutkan bahwa komponen yang digunakan merupakan milik Apple. Yang benar adalah keduanya menggunakan komponen yang sama.

Komponen-komponen Curiosity Rover berumur 10 tahunan. Pembuatan robot penjelajah rover membutuhkan waktu yang lama, ditambah lagi komponen yang dipakai harus ditest ketahanan terhadap radiasi. Waktu pembuatan dan percobaan yang lama tidak memungkinkan pemakaian komponen modern. Di dalamnya terdapat motherboard RAD750, prosesornya ditenagai oleh PowerPC 750 200Mhz yang juga dipakai di PowerPC G3. Mempunyai RAM 256MB dan 2GB SSD. Semuanya itu dipakai untuk menyimpan gambar dan data yang dipancarkan ke Bumi.

Dalam hal software, Curiosity Rover memakai sistem operasi yang sama dengan Airport Extreme, yaitu VxWorks. Juga dipakai untuk Linksys WRT54G, hmmm… jadi router saya juga mempunya OS yang sama.

Bonus:silakan lihat VR 360ร‚ยบ permukaan Mars yang di rekam oleh Curiosity Rover.

[source site_name = “ExtremeTech” site_url = “http://www.extremetech.com/extreme/134041-inside-nasas-curiosity-its-an-apple-airport-extreme-with-wheels”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest