Follow Us

Kontrol Musik Dengan Isyarat Tangan Menggunakan Flutter

Kuswanto - Senin, 13 Agustus 2012 | 14:00
Kontrol Musik Dengan Isyarat Tangan Menggunakan Flutter

Teknologi isyarat (gesture) semakin hari semakin populer. Teknologi isyarat dapat ditemukan di game konsol XBOX 360, dan beberapa TV pintar. Sayangnya perintah isyarat belum sepenuhnya diterapkan ke komputer. Bayangkan, bisa mengontrol komputer seperti seorang Jedi, hanya dengan menggoyangkan tangan kita bisa memerintah komputer untuk melakukan tugas-tugas spesifik.

Sekarang sains fiksi tersebut semakin menjadi kenyataan, kita bisa melakukan isyarat layaknya seorang Jedi untuk mengontrol komputer. Perkenalkan sebuah aplikasi Flutter, yang berfungsi bisa mengontrol musik hanya dengan isyarat tangan. OK…OK..Memang tidak seperti Jedi di Star Wars, tapi cukup menyenangkan memakai Flutter.

Dengan Flutter kita dapat mengontrol track musik dari aplikasi iTunes, Spotify, VLC dan QuickTime dengan gerakan isyarat tangan. Sistem kerja Flutter menggunakan webcam Mac sebagai pembaca isyarat tangan. Ketika Flutter dinyalakan, webcam akan otomatis menyala, dan akan mengenali isyarat tangan dari jarak 30cm s.d 2m. Flutter diam di menu bar, tersedia menu untuk mematikan web cam apabila tidak diperlukan atau ketika ingin digunakan untuk aplikasi lain.

Menggerakan isyarat tangan tentunya lebih mudah dan lebih cepat daripada menekan keyboard atau beberapa klik mouse. Yang jadi penghalang adalah kemampuan web cam. We cam komputer cenderung lemah dalam lingkungan yang kurang cahaya, bisa menyebabkan Flutter tidak mendeteksi isyarat yang diberikan. Kelemahan lainnya, kita harus selalu ada di jarak pandang web cam untuk mengontrol Flutter.

Saat ini Flutter masih muda, isyarat yang didukung oleh Flutter masih sangat sedikit. Untuk versi yang ada di Mac App Store, hanya bisa memainkan dan menjeda lagu. Bagi yang ingin mencoba versi beta terbaru yang mempunyai fitur isyarat tangan untuk melanjutkan ke lagu berikutnya bisa install Flutter versi beta.

Flutter merupakan sebuah aplikasi yang cukup menarik. Terdapat potensi yang lebih besar bukan hanya sebagai pengontrol musik. Bayangkan kalau kita membuka file dengan gerakan tangan, seperti di film-film sains fiksi.

[review_web site=”https://flutterapp.com” appstore=”http://itunes.apple.com/us/app/flutter/id522248613?mt=12″ price=”Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest