Follow Us

Samsung Tiru Tampilan Xcode Untuk SmartTV IDE

Fauzan Alfi - Selasa, 14 Agustus 2012 | 14:00
Samsung Tiru Tampilan Xcode Untuk SmartTV IDE

Persidangan Apple v. Samsung masih terus berlanjut. Berbagai bukti persidangan berupa dokumen rahasia seperti prototipe iPhone dan iPad pun ditampilkan di hadapan juri dan publik yang hadir. Berbagai saksi pun dihadirkan ke hadapan para hakim. Persidangan terus membahas tentang penjiplakan desain produk Apple oleh Samsung.

Ternyata, penjiplakan desain produk Apple oleh Samsung tak hanya diaplikasikan pada telepon, tablet atau ikon pada sistem operasi saja. Baru-baru ini di forum MacRumors, salah satu member di sana mengabarkan bahwa tampilan IDE atau integrated development environment untuk Samsung SmartTV sama persis dengan tampilan Xcode milik Apple. Berikut tampilan SmartTV IDE milik Samsung yang didapat dari forum resmi mereka.

Coba bandingkan dengan tampilan Xcode berikut,

Memang layout keduanya sudah lumrah digunakan di IDE lainnya seperti Visual Studio, NetBeans dan Eclipse dimana peletakan ‘Inspector’ di sisi sebelah kanan, pengaturan layout aplikasi atau Interface Builder di sisi tengah dan daftar berkas di sisi sebelah kiri.

Update: Tetapi dari diskusi yang beredar, perhatikan gambar berikut yang membandingkan kemiripan layout di sisi kanan,

Peniruan tampilan Xcode ini diduga untuk menarik minat developer aplikasi Mac dan iOS untuk mengembangkan aplikasi untuk Samsung SmartTV. Sehingga dengan tampilan IDE yang mirip, developer bisa mengembangkan aplikasi untuk SmartTV dengan mudah. Tetapi hingga saat ini, belum ada pernyataan resmi dari Samsung akan hal ini.

[source site_name = MacRumors site_url = http://forums.macrumors.com/showthread.php?p=15445800#post15445800][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest