Follow Us

Menghapus File Secara Langsung Tanpa Melalui Trash Dengan Delete Now

Kuswanto - Rabu, 22 Agustus 2012 | 15:00
Menghapus File Secara Langsung Tanpa Melalui Trash Dengan Delete Now

Menghapus file di OS X harus melalui Trash terlebih dahulu sebagai tempat sementara. Kemudian barulah kita melakukan Empty Trash untuk menghapus file yang sudah terkumpul di dalam Trash. Dengan adanya Trash, kita bisa mengembalikan file yang tidak jadi dihapus. Tapi bagaimana kalau kita ingin langsung menghapus file tanpa harus melalui Trash?

Trash, sebenarnya hanyalah sebuah folder yang diperlakukan istimewa. File yang ada di Trash tetap mengambil ruang hard disk, agak merepotkan terutama kalau kita ingin menghapus file besar atau dari hard disk eksternal. Kadang lupa untuk Empty Trash, tahu-tahu sistem jadi melambat karena kurangnya ruang swap disk.

Lagipula sebagian besar file yang dihapus adalah file yang sudah dipastikan tidak berguna. Gunakankan Delete Now untuk menghapus file tanpa harus melalui Trash.

Delete Now sebenarnya sebuah workflow Automator yang berisi Apple Script dan Command Line Interface yang bisa dijadikan Service.

Cara memasang Delete Now. Tekan tombol Command + Shift + G, salinlah ke dalam folder:

~/Library/Services

Simbol “~” untuk Home folder user yang kamu gunakan. Buatlah folder Services, apabila belum ada.

Delete Now sekarang bisa di akses melalui menu klik kanan (secondary klik) di dalam menu Services. Atau, melalui menu Services yang terdapat di menu Finder.

Karena Delete Now akan menghapus file langsung, gunakanlah dengan sangat berhati-hati. Paling cocok untuk menghapus file-file yang dianggap berbahaya atau file besar untuk mengklaim ruang hard disk.

Download Delete Now


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest