Follow Us

Atur Perintah Tombol Mouse Menggunakan USB Overdrive

Kuswanto - Senin, 27 Agustus 2012 | 11:45
Atur Perintah Tombol Mouse Menggunakan USB Overdrive

Apple membuat Magic Mouse dengan Multi-Touch, tetapi bentuk Magic Mouse terasa tidak begitu nyaman dipakai. Banyak yang menyukai Mouse lain yang lebih ergonomis. Bentuk mouse ergonomis dapat mengurangi RSI (Repetitive strain injury). Apabila tidak diperhatikan akan membuat pergelangan tangan pegal-pegal. Lebih para lagi bisa merusak otot.

Sayangnya kebanyakan driver untuk mouse dari pabrik lain sungguh mengecewakan. Seringkali drivernya konflik dengan aplikasi lain yang membuat jengkel. Serta update yang sangat lama, update lama artinya perbaikan bug juga membutuhkan waktu yang lama.

Bagi Anda yang memakai mouse selain Magic Mouse, cobalah gunakan USB Overdrive. USB Overdrive adalah sebuah aplikasi shareware yang bisa dicoba dengan gratis, akan memunculkan pop-up setiap kali diluncurkan. Pop-up tersebut akan hilang kalau Anda membeli lisensi seharga $20.

Saat ini mouse di pasaran mempunyai lebih dari 2 tombol. Saya memakai MX Revolution dari Logitech, mempunyai 7 tombol yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan. Dengan MX Revolution, setiap tombol bisa dikaitkan dengan aksi-aksi tertentu. Anda bisa membuat suatu tombol untuk memanggil aplikasi, eksekusi sekuen tombol keyboard atau perintah sistem OS X.

Anda dapat mempunyai lebih dari satu setingan, misalnya pengaturan tombol untuk Adobe Photoshop, Safari atau aplikasi lainnya. Artinya, setiap kali Anda berpindah aplikasi USB Overdrive akan menyesuaikan aksi setiap tombol di mouse. Fitur ini sangat berguna apabila Anda ingin mengurangi penggunaan tombol keyboard, misalnya apabila sedang di Safari tombol Zoom di mouse di set ke Back/Forward, sedangkan ketika di Photoshop tombol Zoom di set untuk Zoom in/out.

Setelah menginstall USB overdrive scrolling pada mouse saya menjadi lebih halus, sebelumnya scrolling terasa loncat-loncat. Anda juga bisa mengambil alih gerakan dan akselerasi mouse. Apabila Anda suka dengan sistem gerakan mouse di pada Windows, matikan pilihan Acceleration.

Selain mouse, USB Overdrive dapat digunakan untuk perangkat input seperti trackball, joystick atau gamepad.

Website USB OverdrriveDownload USB Overdrive.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest