Follow Us

Sebuah Bug Pada Java 7 Juga Ikut Membahayakan Mac

Hendra Saputra - Selasa, 28 Agustus 2012 | 17:16
Sebuah Bug Pada Java 7 Juga Ikut Membahayakan Mac

Berdasarkan berita dari ComputerWorld, Java 7 Update–6 ternyata memiliki sebuah lubang keamanan yang mengancam Mac. Bug tersebut dapat dimanfaatkan oleh para hacker untuk menyerang OS X dengan beragam virus dan malware. Hal ini tentunya mengingatkan kita akan 600.000 mac yang terjangkit Flashback beberapa bulan lalu.

Tod Beardseley, seorang engineering manager Metasploit, dalam wawancaranya dengan ComputerWorld mengklasifikasikan hal ini sebagai bug “super dangerous” atau sangat berbahaya:

Beardsley called the bug “super dangerous,” noting that it was “totally a drive by,” meaning that attackers could compromise a Mac, or other personal computers, simply by duping users into browsing to a malicious or previously-hacked website that hosts the attack code.

David Maynor (CTO dari Errata Security), mengkonfirmasi hal ini kepada Metasploit bahwa bug Java baru akan berdampak kepada Mac yang menjalankan 1.7 JRE (Java Runtime Environment).

“This exploit works on OS X if you are running the 1.7 JRE [Java Runtime Environment],” said Maynor in an update to an earlier blog post.

Salah satu vendor antivirus untuk Mac, Intego juga mengatakan bahwa Java applet terlibat dalam sebagian besar penginstallan setiap virus/malware ke OS X pada tahun ini.

“What is more worrisome is the potential for this to be used by other malware developers in the near future,” said antivirus vendor Intego. “Java applets have been part of the installation process for almost every malware attack on OS X this year.”

Beardsley menegaskan bahwa langkah pencegahan terbaik untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk adalah dengan mematikan Java pada Mac sampai Oracle menemukan cara untuk memperbaiki bug ini. Untuk memeriksa versi Java dan mematikannya bisa dilakukan dengan membuka Java Preferences melalui Spotlight.

Bagi kamu Mac user yang menggunakan Mac OS X Lion atau OS X Mountain Lion, kamu bisa bernapas sedikit lebih lega karena Apple sudah menghilangkan Java dari OS X sejak Lion dirilis. Namun, bagi yang menggunakan Snow Leopard ke bawah, tampaknya kamu harus berhati-hati karena versi tersebut masih memiliki Java sebagai salah satu software bawaan di dalamnya.

[source site_name = “ComputerWorld” site_url = “http://www.computerworld.com/s/article/9230656/Macs_at_risk_from_super_dangerous_Java_zero_day”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest