Follow Us

4 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Apple TV

Lecto - Kamis, 30 Agustus 2012 | 15:00
4 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Apple TV

Siapa yang belum pernah mendengar Apple TV? Sesuai namanya, Apple TV merupakan perangkat yang diciptakan sebagai teman HDTV Anda. Perangkat ini dapat mengintegrasikan iPhone/ iPad/ iPod kamu dengan TV beresolusi HD yang dimiliki. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk ini, ada baiknya untuk membaca ulasan ini terlebih dahulu.

Pertama, kamu belum bisa menikmati content video secara online di Indonesia. Padahal fitur inilah yang paling diminati di Amerika, yaknionline HD content. Hematnya, online HD content ini seperti toko video online yang di dalamnya kamu hampir bisa menemukan semua box office populer, serial movie, pertandingan olahraga dengan kualitas gambar dan suara HD. Apple TV juga terintegrasi dengan Netflix, yang merupakan HD content provider terbesar. Harganya relatif murah untuk menikmati konten berkualitas secara online, yaitu berkisar antara $1-$5. Selain itu kamu pun bisa berlangganan untuk menyewa online content (bukan membeli) sehingga harganya lebih terjangkau. Demikianlah teknologi ini sangat mungkin untuk menjadi pesaing ketat dari jasa TV cable.

Sayang sekali, di Indonesia, fitur kedua ini belum bisa dinikmati. Sampai sekarang belum ada kejelasan isu apakah Apple akan menggaet berbagai video content provider di Indonesia. Demikian pula, Netflix baru mengembangkan sayapnya di Amerika dan Eropa. Apple TV di Indonesia terpaksa hanya menjadi penyambung gadget Apple dengan TV kamu.

Kedua, fungsi AirPlay memungkinkan konten di iPad/ iPhone/ iPod Anda dapat diputar secara wireless. Singkatnya video favorit, koleksi lagu, bahkan game yang ada di genggaman dapat dinikmati lebih leluasa dengan menampilkannya di layar lebar TV kamu.

Ketiga, iPhone atau iPod touch kamu dapat menggantikan remote bawaan dari Apple TV. Kenapa ini penting? Tentunya Anda tidak ingin ruang bersantai Anda dipenuhi banyak remote bukan? Bayangkan jika meja sudah dipenuhi oleh remote TV, remote Blu Ray player, remote AC, remote amplifier. Fitur menjadikan gadget kamu sebagai remote mungkin terkesan simple, tapi percayalah ini sangat diharapkan.

Keempat, Apple TV ini dilengkapi dengan satu slot Micro USB. Sayangnya, slot ini tidak dapat digunakan untuk berhubungan dengan hard disk external. Slot ini hanya digunakan untuk menghubungkan Apple TV ke MacBook kamu jika ingin melakukan update firmware. Praktisnya, saat ini Apple TV hanya dapat digunakan untuk menikmati konten pada gadget Apple di layar lebar TV. Padahal saya sendiri berharap produk yang terlihat elegan dan ergonomis ini dapat menggantikan HD Media player lama saya jika ia mau memutar video dari hard disk external.

Dapat saya simpulkan, fungsionalitas Apple TV ini masih tergolong minim. Patut disayangkan bahkan Apple TV ini tidak dilengkapi dengan Safari, web browser andalan Apple. Demikianlah kamu belum bisa menikmati apa-apa sekalipun ia terhubung dengan internet. Satu-satunya cara untuk menikmati online content ialah kamu harus memiliki iTunes account di US dan dapat bertransaksi di iTunes store US (yang tidak menerima kartu kredit dari Indonesia).

Update 31/08/2012: Akhirnya, kekecewaanmu di poin pertama mungkin dapat terobati karena Apple TV memiliki menu untuk melihat video-video di Youtube dan Vimeo. Baik youtube maupun vimeo, keduanya menyediakan video berkualitas HD. Namun hingga sekarang, saya belum pernah menemukan streaming suara berkualitas theater atau multi kanal (Dolby Digital / DTS stream) di keduanya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Lecto

Latest