Follow Us

Ulasan Final Fantasy Dimensions

Sayz Lim - Selasa, 04 September 2012 | 15:16
Ulasan Final Fantasy Dimensions

FINAL FANTASY DIMENSIONS (Free) buatan SQUARE ENIX sudah tersedia di App Store pada tanggal 31 Agustus lalu. Seperti yang diberitakan oleh GameSaku, FINAL FANTASY DIMENSIONS sebenarnya sudah pernah dirilis pada tahun 2010 buat smartphone di Jepang. Kali ini SQUARE ENIX meluncurkan versi iOS dengan peningkatan dalam segi grafis dan suara.

FINAL FANTASY DIMENSIONS (FFD) adalah game episodic di mana kamu perlu membeli masing-masing episode untuk melanjutkan permainan. Episode “Prologue” bisa dimainkan secara gratis di mana kamu bisa merasakan battle system dan pengendalian dalam permainan. Episode pertama bisa dibeli dengan harga $2.99 setelah kamu menyelesaikan episode “Prologue”. Kemudian 3 episode lainnya masing-masing berharga $9.99. Apabila kamu yakin ingin memainkan FFD, maka semua episode senilai $28.99 bisa dibeli sekaligus.

Menggunakan grafik 16-bit seperti seri klasik FINAL FANTASY, FFD berhasil membawa penggemar FINAL FANTASY kembali ke dunia 2-D dengan musiknya yang selalu menyatu baik dengan dunia FINAL FANTASY.

FFD menceritakan 2 kelompok anak yang terpilih sebagai Warriors of Light dan Warriors of Darkness untuk menyelamatkan dunia. Kamu akan mengendalikan kedua kelompok tersebut secara bergiliran untuk menyelamatkan sebuah dunia yang sebagian tenggelam dalam kegelapan. Ketika satu kelompok menjelajahi dunia terang, kelompok lainnya perlu menemukan rahasia di dunia dalam kegelapan. Kamu akan merasa sedang memainkan 2 game karena kedua kelompok memiliki level dan invetory masing-masing.

Terdapat beberapa cara untuk mengendalikan karakter. Default akan menampilkan tombol kendali pada posisi yang ditekan, Fixed akan selalu menampilkan tombol kendali bagi kamu yang terbiasa dengan sistem joypad, sedangkan Swipe dilakukan dengan menyapukan arah yang diinginkan pada layar.

Battle System FFD dirancang untuk menyesuaikan perangkat iOS. Saya menganjurkan untuk menggunakan Wait dalam battle karena tidak seperti joypad yang bisa dikendalikan dengan mudah, kamu harus selalu hati-hati dalam memilih magic ataupun item. FFD juga menyediakan sistem battle Auto sehingga setiap karakter akan memilih aksi terakhir. Hal ini tentu saja sangat membantu apabila kamu malas mengendalikan karakter pada saat melawan musuh cupu.

Jumlah job lebih sedikit apabila dibandingkan dengan FFV, namun skill yang bisa dipelajari jauh lebih banyak. Hal ini karena FFD memungkinkan sebuah level maksimal job untuk dinaikkan sampai level 20 dengan menggunakan Job Points yang bisa didapatkan seiiring dengan perkembangan cerita.

Setiap kelompok akan bertemu dengan seorang guest character dalam setiap chapter. Biasanya mereka adalah karakter utama dalam chapter tersebut. Ketika menyelesaikan sebuah chapter, kelompok akan mendapatkan job dari guest character tersebut. Karena setiap karakter hanya akan membantu sampai sebuah chapter selesai, memainkan FFD seolah-olah membaca cerpen. Kamu tidak akan merasa bahwa setiap chapter saling berkaitan, dan perjalanan game terasa sangat linear dengan keterbatasan dalam menjelajah dunia.

Kesimpulan

Secara pribadi saya menyukai FFD. Hal ini disebabkan kesukaan saya yang kuat terhadap Job System FFV dan game 16 bit. Alur cerita yang klise mengurangi daya tarik game ini. Dengan harga $33, SQUARE ENIX seharusnya mampu menghasilkan sebuah game dengan cerita yang lebih dinamis. Selain penggemar FINAL FANTASY, saya rasa game ini sulit mengaet pemain lainnya. Kamu tentu saja bisa mencoba Episode dengan harga $2.99 sebelum melanjutkan ke episode selanjutnya.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest