Follow Us

Apakah Apple Telah Mencabut Larangan Terhadap Aplikasi Torrent?

Hendra Saputra - Selasa, 11 September 2012 | 12:00
Apakah Apple Telah Mencabut Larangan Terhadap Aplikasi Torrent?

Apple sangat menentang pembajakan, kita semua tahu itu. Namun, ada satu berita yang cukup mengejutkan karena minggu lalu, sebuah aplikasi remote torrent bernama Conttrol hadir di App Store. Sekedar mengingat kembali, tahun 2009 silam, hal serupa juga pernah terjadi dan dalam waktu singkat Apple langsung mencabut aplikasi tersebut. Namun kali ini berbeda, hingga berita ini diturunkan, Conttrol tetap bertengger nyaman di App Store dengan harga $2.99.

Conttrol adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk menjalankan torrent client (host) di OS X/Windows. Berdasarkan penjelasan di App Store, melalui Conttrol, kita dapat memantau dan mengontrol kegiatan pengunduhan di host itu dengan tampilan yang ramah. Conttrol juga dapat menangani file yang ada di Dropbox, mail, dan lainnya. Alih-alih menggunakan static DNS server dan remote desktop app untuk melakukan aktifitas tersebut, Conttrol menggunakan web API-nya sendiri untuk terhubung dengan host. Conttrol tidak mengunduh torrent ke dalam perangkat iOS-mu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Conttrol hanya bersifat meremote dan aktifitas pengunduhan berlangsung di host, bukan di perangkat iOS.

Menurut Geekosystem, keputusan Apple untuk tidak mencabut aplikasi tersebut mungkin karena ia bukanlah torrent client murni seperti yang ada di desktop. Berikut tanggapannya:

Does this mean Apple is finally lightening up on the torrent scene? Not necessarily. Though Transmission RPC and Conttrol have seemed to survive an Apple purge, neither app actually allows one to download torrents directly to the iOS device, but rather, acts as a remote control for a torrent program located elsewhere

Apakah ini menandakan bahwa Apple telah mengijinkan aplikasi bersifat torrent hadir di iOS? Atau adalah kesalahan dalam persetujuan aplikasi?

Apple belum memberikan penjelasan mengenai hal ini namun, bagaimana denganmu? Apakah menurutmu Apple telah menyetujui aplikasi torrent hadir di Apps Store iOS? Berikan pendapat berikut penjelasannya di kolom komentar.

[source site_name = “TorrentFreak|via Geekosystem” site_url = “http://torrentfreak.com/apple-lifts-ban-on-bittorrent-apps-or-so-it-seems-120907/|http://www.geekosystem.com/apple-lift-bittorrent-app-ban/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest