Follow Us

Menggunakan QuickTime Pro Kembali di Lion dan Mountain Lion

Adham Somantrie - Rabu, 12 September 2012 | 10:45
Menggunakan QuickTime Pro Kembali di Lion dan Mountain Lion

Sejak Snow Leopard (10.6), Apple menawarkan QuickTime X yang tampil menawan untuk memutar berkas multimedia di Mac, menggantikan QuickTime 7. Begitu pula dengan Lion (10.7) serta Mountain Lion (10.8). Tapi bagi beberapa orang yang sudah terbiasa dengan QuickTime 7 tentunya akan merasa kehilangan. Apalagi yang sudah membeli lisensi QuickTime Pro. Atau, mungkin Anda ingin bernostalgia dengan bermain-main bersama berkas QTVR?

Sebelumnya MakeMac sudah menuliskan bagaimana caranya menambahkan QuickTime 7 di Snow Leopard dari keping DVD Snow Leopard. Tapi apa kabar bagi pengguna Lion dan Mountain Lion yang tidak punya keping DVD?

Apple sebenarnya masih menyediakan QuickTime 7 secara resmi untuk Snow Leopard, Lion, dan Mountain Lion. Walaupun secara default dihilangkan dari instalasi. Jadi, jangan khawatir, pengguna Lion dan Mountain Lion masih bisa menggunakan QuickTime 7.

Pertama, unduh berkas instalasi QuickTime Player 7.6.6 for Snow Leopard dari tautan ini. Pastikan sekali lagi bahwa versinya tidak lebih baru dari 7.6.6 dan bukan ditujukan untuk Leopard (10.5). Karena versi yang lebih baru dari 7.6.6 ditujukan untuk Leopard dan tidak bisa digunakan untuk Lion maupun Mountain Lion.

Setelah berkas diunduh, lakukan instalasi seperti biasa hingga selesai. Aplikasi QuickTime Player 7 akan tersimpan pada /Applications/Utilites. Dan selamat menggunakan QuickTime 7!

Untuk QuickTime Pro, tentu saja Anda harus memiliki lisensi yang valid. Buka aplikasi QuickTime Player 7, lalu pilih menu “QuickTime Player 7″ – “Registration” untuk memasukkan informasi lisensi QuickTime Pro Anda.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest