Follow Us

Fitur iPhone 5: Dock Connector Lightning, Wideband Audio

Sayz Lim - Kamis, 13 September 2012 | 13:57
Fitur iPhone 5: Dock Connector Lightning, Wideband Audio

Pada iPhone 5 juga terdapat peningkatan sistem audio. Speaker memiliki desain baru dengan microphone pada bagian bawah, depan, dan belakang.

Kali ini Apple menambahkan dukungan wideband audio yang dikenal oleh carrier sebagai HD voice, membawa kualitas suara yang lebih baik dan tinggi. Apple menyampaikan bahwa sebanyak 20 carrier siap mengantarkan fitur ini pada saat peluncuran iPhone 5.

Menurut The Verge, teknologi ini bukanlah sebuah teknologi baru karena sudah diperkenalkan oleh berbagai carrier ke berbagai belahan dunia. Namun sedikitnya perangkat yang mendukung teknologi ini mencegah fitur ini digunakan secara umum. Mungkin saja penjualan iPhone yang selalu mencapai puluhan juta bisa mendongkrak adopsi fitur tersebut.

Apple juga mengenalkan sebuah desain connector dock baru, menggantikan 30-pin dock connector dengan 8-pin dock connector dan diberi nama Lightning. Perubahan ini tentu saja menyebabkan banyak aksesoris yang didesain buat 30-pin dock connector mengalami kesulitan. Untuk menangani hal tersebut, Apple menyediakan adapter khusus untuk menghubungkan antara dock connector yang sudah ada dengan Lightning.

Sebuah Lightning to 30-pin Adapter (0.2 m) memiliki harga $39, Lightning to 30-pin Adapter seharga $29, dan Lightning to USB Cable jatuh pada harga $19. Walaupun dengan adapter pun Apple menyatakan beberapa masih belum mendukung beberapa aksesoris dan tidak ada dukungan Video and iPod Out.

[source site_name = “The Verge” site_url = “http://www.theverge.com/2012/9/12/3319764/iphone-5-lightning-dock-connector-design/in/3081013”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest