Follow Us

Inilah Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Memiliki NFC dan Wireless Charging

Hendra Saputra - Jumat, 14 September 2012 | 15:30
Inilah Alasan Mengapa iPhone 5 Tidak Memiliki NFC dan Wireless Charging

Pasca kehadiran iPhone 5, banyak orang yang berpikir mengapa Apple tidak menyertakan NFC (Near Field Communicator) di dalamnya. Padahal, bukankah Passbook harusnya menggunakan teknologi tersebut?

Hal ini dibantah oleh Phil Schiller, SVP Marketing Apple yang pada event kemarin membawakan keynote iPhone 5. Dalam wawancaranya dengan AllThingsD, Schiller mengemukakan bahwa Passbook adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk menyimpan gift card hingga tiket pesawat dan bisa berfungsi tanpa memerlukan mesin pembayaran di toko manapun. Passbook berjalan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan menggunakan NFC bukanlah sebuah solusi yang tepat.

Apple Senior VP Phil Schiller said that Passbook alone does what most customers want and works without existing merchant payment systems. It’s not clear that NFC is the solution to any current problem, Schiller said. “Passbook does the kinds of things customers need today.”

Selain itu, Schiller juga mengungkapkan mengapa iPhone 5 tidak menggunakan fitur wireless charging seperti Lumia 920. Ia beranggapan bahwa teknologi wireless charging, dalam kondisi tertentu justru akan merepotkan user.

Schiller notes that the wireless charging systems still have to be plugged into the wall, so it’s not clear how much convenience they add. The widely-adopted USB cord, meanwhile, can charge in wall outlets, computers and even on airplanes, he said. “Having to create another device you have to plug into the wall is actually, for most situations, more complicated,” Schiller said.

Kemudian ia juga memberikan alasannya mengapa iDevices kini menggunakan dock connector yang lebih kecil. Schiller mengatakan bahwa mustahil Apple dapat membuat sebuah produk yang lebih tipis dengan 30-pin dock. Ia menambahkan pada akhir wawancaranya bahwa Lightning adalah dock yang akan digunakan untuk beberapa tahun kedepan.

“This is the new connector for many years to come,”

Kalau begitu, mungkin saja iPad 4th Generation akan hadir dengan ukuran yang lebih tipis. Bisa saja bukan?

[source site_name = “AllThingsD” site_url = “http://allthingsd.com/20120912/interview-phil-schiller-on-why-the-iphone-5-has-a-new-connector-but-not-nfc-or-wireless-charging/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest