Follow Us

Developer Antusias Mengikuti One Day Training iOS 6 Development

Fauzan Alfi - Senin, 17 September 2012 | 11:00
Developer Antusias Mengikuti One Day Training iOS 6 Development

Pada hari Minggu tanggal 15 September 2012, Dycode bersama MakeMac sebagai media partner mengadakan ‘Early Adopting iOS 6 : Go home with your own iOS 6 app!’ di Bandung. Training ini menjadi training iOS 6 Development pertama di Asia. Sesuai dengan judulnya, training berfokus untuk mengadopsi fitur-fitur baru yang ada di iOS 6 yang dapat developer terapkan pada aplikasinya kelak, di antaranya menerapkan framework sosial baru yang mendukung sharing melalui Facebook yang akan muncul pada iOS 6.

Sebanyak 35 orang developer yang berasal dari 8 kota di Indonesia mengikuti training dengan waktu registrasi pelatihan kurang 10 hari. Training dipandu oleh 4 trainer lokal yang mempunya pengalaman dalam mengembangkan aplikasi iOS. Peserta training harus menguasai minimal satu bahasa pemrograman. Dari developer yang mendaftar, 14% di antaranya sudah menguasai Objective-C, sisanya menguasai bahasa pemograman PHP, .Net, C++, Java dan Pascal.

Training ini dibuka langsung oleh Dycode CEO, Andri Yadi. Dalam keynotenya, Andri mengungkapkan sejarah perubahan perangkat bergerak itu hanya ada 2 periode yaitu sebelum dan sesudah iPhone. Begitupun dengan pendistribusian aplikasi, hadirnya App Store sangat membantu developer untuk mendistribusikan aplikasi langsung ke pengguna. Hal-hal baru di iOS 6 pun dikupas oleh iOS 6 antara lain Maps API, Social.framework, PassKit.framework, Reminder, Camera API, UI State Reservation, Collection View, Auto Layout dan In-App Hosted Content.

Salah satu peserta dari Jakarta, Rendra, menyatakan bahwa training ini mudah dimengerti olehnya dan materi yang diberikan sudah pas bagi developer yang baru mengenal Objective-C. Developer yang menguasai Java dan Objective-C ini berharap ada training lanjutan yang dibuat berjenjang dan diadakan sebulan sekali. Hal senada diutarakan oleh Eka Suyatno dari Cirebon. Eka tertarik mengikuti training ini karena tema yang diusung yaitu ‘Go home with your own iOS app!’. Eka yang berprofesi sebagai guru ini ingin sekali mengaplikasikan ilmu dari training ini dengan mengembangkan aplikasi internal untuk bimbingan belajar tempat ia bekerja.

Setelah training Early Adopter iOS 6, Dycode bersama MakeMac akan membuka kelas iOS Professional Training intensif secara regular dengan materi yang lebih mendalam yang dikupas dalam waktu 5 hari. Training regular selanjutnya akan menggunakan silabus Stanford University sebagai panduan dasar materi tarining. DyCode dan MakeMac berharap semakin banyak pengguna iOS akan sangat berdampak positif bagi pengguna Apple Indonesia. Pengguna dapat menikmati lebih banyak aplikasi lokal berguna yang dapat membantu kehidupan kita dengan bantuan perangkat Apple. Bagi para pengembang yang belum terjun atau ingin mendalami pengembangan iOS mempunyai kesempatan untuk mempelajari cara pengembangan aplikasi iOS dari para profesional dalam waktu yang sangat singkat.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest