Follow Us

4 Cara Mengambil Screenshot di Mac

Sayz Lim - Senin, 17 September 2012 | 15:28
4 Cara Mengambil Screenshot di Mac

Mengambil screenshot di Mac bukanlah sebuah hal yang baru bagi pemilik Mac veteran. Tetapi sering kali pertanyaan ini dilontarkan oleh para switcher, terutama mereka yang berpindah dari Windows. Mengambil screenshot di Windows membutuhkan beberapa langkah yaitu dengan menekan tombol “Print Screenshot”, diikuti dengan membuka Paint, kemudian tekan Control+V.

Bagaimana dengan Mac? Terdapat beberapa cara untuk mengambil screenshot di Mac dan semuanya sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan setiap orang.

Command + Shift + 3: Mengambil Screenshot Satu Layar

Gambar yang dihasilkan akan disimpan di desktop dalam format PNG. Pengambilan screenshot ini yang umum digunakan oleh pengguna.

Command + Shift + 4: Mengambil Screenshot Wilayah Yang Diseleksi

Mac menawarkan pilihan ke pengguna dalam mengambil screenshot. Ketika menggunakan cara ini, Anda harus memilih wilayah yang akan dijadikan sebagai screenshot. Setelah dipilih, makan screenshot akan disimpan di desktop.

Command + Shift + 4 → Space: Mengambil Screenshot Window Yang Dipilih

Apabila Anda ingin mengambil screenshot buat jendela tertentu, misalnya screenshot buat jendela Safari saja, maka cara ini akan sangat berguna. Setelah menekan Command+Shift+4, tekan space dan akan muncul sebuah kamera kecil. Pilih jendela yang ingin dijadikan screenshot dan hasilnya akan muncul di desktop.

Mengambil Screenshot Menggunakan Timer

Selain menggunakan shortcut di atas, Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi Grab yang merupakan aplikasi bawaan OS X. Grab dapat ditemukan di folder Utilities. Selain menawarkan kemampuan pengambilan screenshot yang sudah disebutkan di atas, Grab juga dapat mengambil screenshot setelah beberapa detik. Fungsi ini akan sangat berguna apabila Anda tidak dapat mengambil screenshot ketika shortcut sebuah aplikasi menimpa shortcut pengambilan screenshot. Jalankan Grab dan tekan Command+Shift+Z untuk mengambil timed screenshot.

Mengganti Format dan Lokasi Screenshot

Tidak semua orang menyukai format PNG dan menyimpan screenshot di desktop. Untuk mengubah kedua hal tersebut sangatlah mudah. Yang pernah menggunakan Tinker Tool untuk mematikan fitur Resume bisa mengubahnya pada bagian General.


Atau Gunakan Aplikasi Screenshots Yang Lebih Mudah


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest