Follow Us

Aplikasi Google Maps Untuk iOS Akan Segera Hadir di App Store

Hendra Saputra - Jumat, 21 September 2012 | 14:36
Aplikasi Google Maps Untuk iOS Akan Segera Hadir di App Store

Kehadiran Maps untuk iOS 6 kemarin disambut dengan berbagai hujatan dan kritik. Banyak user yang masih rindu untuk menggunakan Google Maps dibanding Maps for iOS yang lebih payah, termasuk saya. Namun kabarnya, Google telah membuat aplikasi Google Maps for iOS dan sudah didaftarkan, tinggal menunggu persetujuan Apple saja. Berita ini disampaikan oleh 9to5mac.

We’ve heard Google has been building separate versions of a iOS GoogleMaps.app for quite a while that goes back years. Additionally, we’ve learned an updated iOS 6 version of the Google Maps.app has been submitted to Apple. It is awaiting approval, however, and that could take some time.

Kabar serupa juga diberitakan oleh The Guardian dan dikonfirmasi oleh seorang developer bernama Steve (@StroughtonSmith) melalui Twitter. The Guardian mengatakan bahwa Google telah membuat aplikasi Google Maps bagi iOS dan sedang menunggu persetujuan dari Apple. Terdapat kemungkinan bahwa aplikasi tersebut tidak akan disetujui karena kemiripan fungsi dengan Maps for iOS.

The same sources say that Google is preparing a Google Maps app for iOS6, which will appear in time. No official statement has been made and there will inevitably be questions over whether Apple will approve it in the App Store. (Apple might not, on the basis that it “competes with existing functionality”, but would invite a further backlash if it did.)

Meskipun hal ini dibantah oleh Jim Dalrympale dari The Loop, 9to5mac tetap mengatakan bahwa Google telah mendaftarkan aplikasinya tersebut ke Apple.

Kejadian ini mirip dengan yang terjadi pada update Voice Search milik Google. Ia sudah didaftarkan oleh Google namun masih belum mendapat persetujuan dari Apple sehingga belum dirilis hingga sekarang. Ada kemungkinan, akibat Voice Search memiliki kemiripan dengan Siri, Apple belum memberikan persetujuannya.

Sebelumnya, YouTube juga mengalami hal serupa. Ia tidak lagi tersedia sebagai aplikasi bawaan iOS melainkan hadir sebagai aplikasi pihak ketiga dari Google. Proses persetujuan YouTube tidaklah lama. Dalam waktu singkat ia sudah dapat diunduh oleh para pengguna iOS di App Store.

[source site_name = “9to5mac” site_url = “http://9to5mac.com/2012/09/20/google-has-an-ios-6-maps-app-awaiting-approval-it-is-solely-up-to-apple-to-approve/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest