Follow Us

Google Maps iOS 6: Menggunakan Web App Sebagai Pengganti

Adham Somantrie - Kamis, 27 September 2012 | 16:30
Google Maps iOS 6: Menggunakan Web App Sebagai Pengganti

Apple telah meluncurkan iOS 6 beberapa waktu lalu. Salah satu perbedaan yang menonjol adalah kehadiran Apple Maps, menggantikan Google Maps yang hadir di iOS sebelumnya. Namun, tak sedikit pula masalah yang dihadapi dengan Apple Maps yang “belum matang” ini.

Downgrade iOS bukan perkara gampang. Secara resmi hal tersebut tidak bisa dilakukan. Jadi, pengguna iOS 6 mesti kecewa dengan ketiadaan aplikasi Google Maps yang terintegrasi. Pun, Google belum meluncurkan Google Maps di App Store. Lantas?

Masih ada satu solusi untuk menghadirkan Google Maps di iOS 6 sebelum aplikasi resminya muncul: dengan aplikasi web (Web App).

Aplikasi berbasis web walaupun berjalan di atas peramban (browser), namun memiliki citarasa (look and feel) yang mirip dengan aplikasi murni (native). Hanya saja, bagi beberapa kalangan, cukup merepotkan untuk membuka Safari lalu menuju halaman web jika dibandingkan dengan kemudahan menyentuh satu ikon aplikasi saja.

Di iOS, Anda dapat membuat penanda halaman (bookmark) dari sebuah web app (ataupun halaman web lainnya) menjadi sebuah ikon layaknya aplikasi. Caranya cukup gampang!

Pertama, tentunya luncurkan aplikasi Safari lalu buka halaman Google Maps di http://maps.google.com/. Google Maps akan mendeteksi bahwa Anda menggunakan perangkat portabel dan akan memuat versi musafir.

Dan jangan lupa untuk memberikan akses lokasi agar Google Maps bisa melacak posisi Anda.

Setelah halaman termuat, pilih menu yang ada di tengah (gambar panah keluar kotak). Dan akan muncul beberapa pilihan aksi.

Pilih “Add to Home Screen”. Setelah itu akan muncul tampilan untuk memberikan nama. Anda dapat memberikan nama sesuai keinginan Anda. Dalam kasus ini, saya menggunakan nama yang diberikan secara otomatis: “Google Maps”.

Lalu tekan tombol “Add”. Dan,

Yap, “aplikasi” Google Maps pun sudah tersedia kembali di perangkat iOS 6!

Mudah-mudahan aplikasi Google Maps dapat tersedia segera di iTunes AppStore, karena dengan web app tentunya kemampuannya lebih terbatasi dibandingkan aplikasi murni.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Adham Somantrie

Latest