Follow Us

Satu Miliar Mac dan PC Kembali Terancam Malware Karena Java

Hendra Saputra - Kamis, 27 September 2012 | 14:40
Satu Miliar Mac dan PC Kembali Terancam Malware Karena Java

Beberapa waktu lalu, dikabarkan bahwa sebuah bug pada Java dapat membahayakan Mac kamu. Terkait hal tersebut, Oracle sudah merilis update demi memperbaikinya. Tapi ini belum berakhir.

Menurut berita yang datang dari ComputerWorld, ternyata seluruh versi baru Java, baik itu Java 5, Java 6, dan Java 7 memiliki bug yang dapat membahayakan 1 milyar komputer (Mac dan PC) di seluruh dunia. Hal ini ditemukan oleh seorang security researcher bernama Adam Gowdiak.

We’ve recently discovered yet another security vulnerability affecting all latest versions of Oracle Java SE software. The impact of this issue is critical – we were able to successfully exploit it and achieve a complete Java security sandbox bypass inthe environment of Java SE 5, 6 and 7

Gowdiak menyatakan bahwa ia telah mengirimkan detail masalah ini kepada Oracle untuk dilakukan analisa. Namun, Oracle belum memberikan kejelasan kapan update perbaikan untuk bug ini dirilis. Diprediksi, Oracle akan merilis update bersamaan dengan jadwal update per-kuarter mereka tanggal 16 Oktober mendatang.

Hal ini tentunya sangat berbahaya bagi kamu yang masih menggunakan OS X dengan versi 10.6 kebawah. Kenapa? Karena pada versi tersebut, OS X masih menyertakan Java di dalamnya. Sangat disarankan untuk segera berpindah ke OS X terbaru agar tetap terlindungi karena, sejak OS X 10.7 dirilis, Apple sudah tidak lagi menyertakan Java sebagai bawaan.

Dan bagi kamu pengguna OS X 10.7 keatas yang telah terpasang Java, demi keamanan, lebih baik non-aktifkan/uninstall saja Java-mu hingga Oracle merilis security update terbaru.

[source site_name = “ComputerWorld|via The Verge” site_url = “http://www.computerworld.com/s/article/9231723/Researcher_digs_up_another_zero_day_Java_bug?taxonomyId=17&pageNumber=1|http://www.theverge.com/2012/9/26/3410730/mac-pc-java-exploit”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest