Follow Us

Biaya Produksi iPhone 5 Lebih Murah Dibandingkan iPhone 4S

Hendra Saputra - Kamis, 27 September 2012 | 17:46
Biaya Produksi iPhone 5 Lebih Murah Dibandingkan iPhone 4S

Bagaimana mungkin sebuah devices yang lebih baru, dengan bahan yang lebih premium dan berkelas, memiliki biaya produksi yang lebih murah dari pendahulunya? Mungkin saja jika produsennya adalah Apple.

IHS Supply menginformasikan, dari segi hardware dan biaya perakitan (tidak termasuk biaya lisensi, software, royalti, dll), iPhone 5 memiliki modal yang lebih sedikit dibandingkan iPhone 4S.

Setelah ditambahkan $8.00 biaya perakitan, IHS Supply mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah iPhone 5 16 GB adalah $207, sedangkan untuk 32 GB dan 64 GB, diperlukan biaya sebesar $217 dan $238.

Kemudian untuk membuat sebuah iPhone 4S 64 GB, tenyata diperlukan biaya sebesar $253. Ini menandakan bahwa iPhone 4S 64 GB memiliki biaya produksi yang lebih mahal $15 daripada iPhone 5 64 GB.

Berikut tabel perbandingan cost iPhone 5 dan iPhone 4S:

GigaOm menyatakan bahwa faktor pengehematan terbesar datang dari penggunaan SanDisk sebagai flash memory di iPhone 5, menggantikan Samsung yang digunakan pada seri terdahulu.

Sebelumnya, biaya yang dibutuhkan untuk flash memory Samsung adalah sebesar $76.80. Sedangkan, hanya diperlukan $41.60 saja untuk membeli flash memory dari SanDisk. Ini tentunya sebuah penghematan yang cukup besar.

Sebelumnya, iPhone 5 menggunakan bahan alumunium di bagian belakang. Banyak yang mengeluh bahwa alumunium pada iPhone 5 mudah tergores, bahkan dari dalam box-nya. Phil Schiller menanggapi hal ini sebagai hal yang biasa bagi produk berbahan alumunium.

[source site_name = “GigaOm” site_url = ” http://gigaom.com/apple/improved-iphone-5-less-expensive-to-make-than-iphone-4s/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest