Follow Us

XtraFinder, Memberikan Tabs dan Fitur Lainnya Kepada Finder

Kuswanto - Kamis, 04 Oktober 2012 | 20:00
XtraFinder, Memberikan Tabs dan Fitur Lainnya Kepada Finder

Finder dari zamannya versi OS Tiger fiturnya tidak berubah banyak. Secara fundamental kerjanya sama saja. Pada OS X Lion mulai terasa perubahan-perubahan yang cukup signifikan, seperti ditambahnya All My Files yang dapat memperlihatkan file terbaru dalam suatu tempat. Bagi yang ingin membuat Finder lebih powerful, coba tengok XtraFinder.

XtraFinder seperti sebuah suplemen untuk Finder yang dapat menambahkan fitur tambahan, membuatnya lebih kuat daripada sebelumnya. Akan membuat Anda lebih produktif dan efisien dalam hal mengatur file dan folder menggunakan Finder.

Yang paling kentara dari perubahan Finder setelah dipasang XtraFinder adanya tabs. Tabs yang sudah akrab dengan kita semua, memungkinkan para pengguna dapat membuka banyak folder sekaligus hanya dalam satu windows. Tidak perlu lagi membuka banyak windows. Tabs juga mendukung spring load, Anda bisa drag-n-drop files atau folder antar tabs.

Selain itu ada banyak fitur tambahan lainnya yang berhubungan dengan tampilan file atau folder pada Finder. Misalnya, Finder dapat mengurutkan folder terlebih dahulu di bagian atas— Mirip dengan fitur di Windows Explorer, bagi yang baru pindah ke Mac ini bisa membuat Anda lebih nyaman.

Anda juga bisa mengaktifkan cut & paste yang memang tidak pernah didukung sepenuhnya. Atau bisa mengaktifkan background warna hitam dengan text warna putih untuk memudahkan membaca nama file.

Bagi pro user XtraFinder merupakan mukjijat yang ditunggu-tunggu. Anda bisa mengaktifkan finder sebagai Root, penting sekali kalau ingin ngoprek file spesial. Anda juga bisa mengatur Dual Window, memasang Finder kiri-kanan atau atas-bawah untuk mempermudah membandingkan isi suatu folder atau drag-n-drop.

Ada banyak fitur lainnya, untuk mempersingkat waktu, Anda bisa melihat daftar fiturnya berdasarkan dari screenshot ini.

XtraFinder saat ini masih beta, saya kadang mendapatkan pop-up error random, tapi setelah lebih dari 3 hari menggunakannya saya rasa aman untuk dipakai untuk pekerjaan sehari-hari. Tapi mungkin, hasilnya akan berbeda di mesin Anda, pakai dengan hati-hati.

XtraFinder membutuhkan minimal Snow Leopard terbaru versi OS X 10.6.8. Anda bisa download di website XtraFinder, jadikan Finder OS X lebih kuat daripada sebelumnya!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest