Follow Us

Daya Tahan iPhone 5 Lebih Tinggi Dibandingkan Samsung Galaxy S III

Hendra Saputra - Rabu, 03 Oktober 2012 | 14:48
Daya Tahan iPhone 5 Lebih Tinggi Dibandingkan Samsung Galaxy S III

Setelah sebelumnya diberitakan bahwa layar iPhone 5 memiliki kualitas yang lebih baik dari Galaxy S III dan juga hasil Geekbench yang lebih tinggi, kini iPhone 5 ternyata juga memiliki ketahanan yang lebih kuat dari ponsel besutan Samsung itu.

Dalam situsnya, Byte menghadirkan video-video drop test terhadap iPhone 5 dan Samsung Galaxy S III yang dilakukan oleh PhoneDoctor, Android Authority, dan SquareTrade.

Masing-masing, menjalankan metode yang berbeda dalam melakukan test. PhoneDoctor menurut saya yang paling ekstrim. Ia melempar iPhone 5 hingga ke ketinggian 20 kaki sedangkan Android Authority melakukan drop test terhadap kebanyakan gaya yang dilakukan user ketika menjatuhkan ponselnya. Sedangkan SquareTrade, mereka melempar kedua ponsel tersebut ke dalam kolam renang. Berikut video-videonya:

PhoneDoctor Drop Test

Pada uji coba ini, iPhone 5 terbukti memiliki daya tahan yang lebih tinggi daripada Galaxy S III. Galaxy S III hancur ketika anak dari orang yang melakukan drop test tersebut melempar Galaxy S III ke udara. Sedangkan ketika anak itu melempar iPhone 5, hanya tercipta dent disekeliling bezel iPhone 5. Apple’s iPhone 5, won.

Android Authority Drop Test

Ketika dijatuhkan dari ketinggian 4 kaki, display Galaxy S III pecah, tetapi tidak dengan iPhone 5. Hingga iPhone 5 dijatuhkan dari ketinggian telinga orang dewasa (drop test saat melakukan panggilan telepon), layar iPhone 5 tetap normal dan berfungsi seperti biasanya.

SquareTrade Drop Test

Tes dari SquareTrade merupakan yang paling unik. Ketika uji coba pertama (jatuh dari ketinggian 4 inci), display Galaxy S III pecah, namun tidak dengan iPhone 5.

Kemudian, tes menyelam dilakukan terhadap kedua perangkat ini. Ponsel besutan Apple masih menyala namun dengan touchscreen yang tidak berfungsi, sedangkan Galaxy S III, mati total.

Kemudian, uji coba terakhir, kedua perangkat ini dijatuhkan dengan beragam benda yang akrab dengan keseharian orang banyak. Pada saat Galaxy S III dijatuhi oleh botol bir, layar ponsel tersebut langsung retak dengan cukup hebat. Tidak dengan layar iPhone 5. Ia masih baik-baik saja hingga test berakhir.

Kesimpulan

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa daya tahan iPhone 5 jauh lebih kuat daripada Samsung Galaxy S III. Hal ini tentunya didukung dengan material yang digunakan oleh iPhone 5. Meskipun mudah tergores, namun daya tahan yang dihasilkan sangatlah impresif.

Okay, kalau begitu, perangkat mana yang akan kamu pilih?

[source site_name = “Byte” site_url = “http://www.informationweek.com/byte/personal-tech/smart-phones/iphone-5-crushes-samsung-galaxy-s3-in-cr/240008197”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Hendra Saputra

Latest