Follow Us

Kesan Pertama Dengan iPhone 5

Hendra Saputra - Kamis, 04 Oktober 2012 | 12:58
Kesan Pertama Dengan iPhone 5

Meski iPhone 5 sudah dirilis di 9 negara terpilih pada 21 September yang lalu, namun MakeMac baru kemarin berhasil menerima iPhone 5-nya. Dan saya, memiliki kesempatan untuk meraba-raba si cantik yang sekarang berukuran lebih panjang ini.

Kalimat pertama saya ucapkan begitu melihatnya keluar dari dus adalah: Cantik.

Ya, iPhone 5 memiliki kesan yang sangat indah dan premium. Efek berkilau yang dihadirkan Apple pada ponsel terbarunya ini berhasil membuat hati saya terpincut. Kemudian, tidak puas hanya memandang saja, saya akhirnya mulai mencoba meraih iPhone 5 tersebut meski didahului oleh teman-teman yang lain. Tapi akhirnya, tibalah giliran saya memegang iPhone 5.

Segi Kenyamanan

Dari segi kenyamanan, boleh dikatakan apabila keputusan Apple untuk membuat sebuah perangkat menjadi lebih panjang namun tidak lebih lebar, adalah benar. Ponsel terbaru Apple ini benar-benar pas dengan tangan, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, pokoknya pas. Mungkin kendala yang saya hadapi adalah, agak sulitnya ibu jari saya menjangkau Notification Center di iPhone 5. Tapi terlepas hal itu, iPhone 5 sangat nyaman digenggam.

Segi Kualitas Layar

iPhone 5 tentunya dibenamkan dengan layar Retina. Namun, kualitas layar Retina di iPhone 5, jauh lebih mumpuni dibandingkan iPhone 4 ataupun iPhone 4S.

Warna pada iPhone 5, terlihat lebih hangat dan real sehingga, pasca kamu melihat iPhone 5, pasti kamu akan merasa kalau kualitas layar iPhone 4/4S lebih rendah. Pengalaman ini sama dengan yang saya rasakan dengan iPad 3rd generation beberapa bulan yang lalu.

Tapi, kehadiran layar 4 inci pada iPhone 5 ini membuat ibu jari saya agak kesulitan untuk membuka dan menutup Notification Center.

Segi Kamera

Kehadiran efek berwarna ungu mungkin adalah satu-satunya kendala yang cukup mengganggu dari ponsel teranyar Apple ini. Efek ini membuat kamu tidak bisa leluasa dalam mengambil gambar dengan intensitas cahaya yang cukup terang. Apple mengatakan hal ini normal bagi iPhone 5 namun, dari sisi saya sebagai konsumen, hal ini tidaklah normal. Beberapa pakar mengatakan kalau hal ini disebabkan oleh penggunaan safir pada lensa iPhone 5.

Segi Pemrosesan

Dari segi pemrosesan perintah, iPhone 5 jauh lebih mumpuni dibandingkan pendahulunya. Tentu saja, karena pada perangkat ini, Apple membenamkan prosesor Apple A6 dengan 3 inti prosesor (triple core) dengan kecepatan 2x lipat lebih tinggi dari prosesor Apple A5. Membuka aplikasi, folder, dan lain-lain, menjadi jauh lebih cepat.

Kesimpulan

Berdasarkan kesan pertama saya, saya amat menyukai ponsel terbaru Apple ini. Baik dari segi bentuk, desain, dan lain-lain, iPhone 5 sangat layak untuk kamu beli jika kamu sudah bosan dengan bahan dasar plastik dan layar yang besar.

Bagaimana? Tertarik dengan iPhone 5? Atau kamu juga memiliki kesan tersendiri ketika memegang iPhone 5 untuk pertama kali? Silahkan bagikan di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest