Follow Us

The Unarchiver: Extract File ZIP, RAR dan Lainnya di Mac

Kuswanto - Jumat, 05 Oktober 2012 | 11:00
The Unarchiver: Extract File ZIP, RAR dan Lainnya di Mac

Setiap hari kita pasti memindahkan file dari satu folder ke folder lain, atau dari komputer satu ke komputar lain. Untuk menghemat waktu dan memperkecil ukuran file ketika mengirimkan file, seringkali kita mengarsipkan file menjadi format ZIP. Secara bawaan OS X dapat mengekstraksi file jenis ZIP, tapi tidak demikian untuk jenis file lainnya.

Perkenalkan The Unarchiver, sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat mengekstrak jenis file arsip yang umum digunakan. The Unarchiver mendukung jenis file Zip, RAR, 7-zip, Tar, Gzip, Bzip2, Stuffit, DiskDoubler, LZH, ARJ, ARC, ISO, BIN bahkan beberapa file berakhiran EXE. Harganya juga manis, alias gratisan. Daftar file yang didukung lebih banyak dari yang saya sebutkan, bisa dilihat di jendela Preferencesnya. Preferences-nya tidak banyak yang bisa diatur, setingan secara bawaan saja sudah cukup.

Saya sudah memakai The Unarchiver semenjak versi OS X Leopard. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang wajib terinstall di setiap Mac yang saya gunakan.

Kalau Anda menerima file 7-zip atau RAR yang sudah dipecahkan tidak perlu bingung lagi. The Unarchiver mampu menggabungkan dan memecahkan sebuah arsip menjadi beberapa bagian kecil.

Unarchiver bekerja di latar belakang sehingga tidak memunculkan icon di Dock. Ia akan menggantikan unzip bawaan OS X dan menangani jenis-jenis file lainnya. Anda tidak perlu menjalankannya, ia otomatis berjalan setelah terpasang.

Pada versi terbaru, The Unarchiver mendukung sandboxing yang wajib didukung oleh setiap aplikasi yang tersedia di App Store. Sayangnya dengan sandboxing, The Unarchiver akan terus bertanya terus ketika membuka sebuah file, agak menghambat, sih… Tapi fungsinya tetap terjaga koq.

Silakan pasang The Unarchiver untuk extract file Zip, RAR dan lainnya, tidak akan menyesal, deh.

[review_web site=”http://unarchiver.c3.cx/” appstore=”http://itunes.apple.com/id/app/the-unarchiver/id425424353?mt=12″ price=”Free”][/review_web]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest