Follow Us

iOS 6: Kumpulan Tautan dan Panduan Fitur Baru

Sayz Lim - Jumat, 05 Oktober 2012 | 16:44
iOS 6: Kumpulan Tautan dan Panduan Fitur Baru

Beberapa hari terakhir ini kami sudah membahas beberapa fitur baru di iOS 6. Dari Apple sendiri telah mengeluarkan panduan yang bisa diunduh dari iBookstore secara gratis. Bagi yang gemar mengoprek iOS seharusnya sudah mengetahui berbagai fitur baru di sistem operasi smartphone terbaru Apple ini. Namun bagi yang lagi sibuk dengan kegiatannya masing-masing, MakeMac telah mengulas seputar fitur-fitur baru iOS 6 yang akan dikumpulkan semua tautannya di halaman ini.

Melakukan Update

Mungkin Anda belum menggunakan iOS 6 karena belum mengetahui cara melakukan update. Sebenarnya langkah yang diperlukan cukup mudah. Anda bisa update melalui iTunes ataupun langsung melalui Settings > General > Software Updates apabila Anda menggunakan iOS 5.

Salah satu panduan kami mengulas cara update iOS bagi pemula dan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan ketika ingin melakukan update. Apabila Anda benar-benar baru, maka simpan artikel tersebut karena Anda akan membutuhkannya setiap kali update iOS.

Perlukah Saya Berpindah ke iOS 6?

Perlu atau tidak perlu berpindah ke iOS baru hanya bisa dijawab diri masing-masing. Tetapi saya akan mencoba memberikan pertimbangan yang harus diambil ketika ingin berpindah ke iOS 6.

Apakah Anda membutuhkan fitur-fitur baru di iOS 6? Pada iOS 6 terdapat beberapa fitur baru seperti Do Not Disturb yang berguna untuk mendiamkan iPhone dari notifikasi dan panggilan telepon di waktu tertentu. Anda bisa membaca ulasan fitur-fitur baru di iOS 6 pada halaman ini sebelum mengambil keputusan untuk berpindah atau bertahan di iOS 5.

Kendala Baterai: Beberapa pengguna melaporkan bahwa baterai iOS 6 semakin boros dibandingkan ke iOS sebelumnya. Hal ini sering terjadi setiap kali terdapat update iOS, mungkin disebabkan bug oleh Apple atau memang ekspektasi pengguna yang berlebihan terhadap baterai iPhone. Kalau Anda tidak ingin mempertaruhkan umur baterai demi fitur baru, ada baiknya Anda menunggu sampai patch untuk iOS 6 keluar.

Masalah Performa: iPhone 3GS masih mendukung iOS 6 walaupun fitur-fitur yang bisa digunakan sangat terbatas. Ketika menggunakan iOS 4, iPhone 3GS masih dapat berjalan dengan lancar. Sejak iOS 5, iPhone 3GS semakin lambat dalam berpindah antar aplikasi. Perbandingan performa iOS 5 dan iOS 6 tidaklah berbeda jauh sehingga ini bukan menjadi sebuah isu dalam membuat keputusan.

Jailbreak: Anda tidak bisa menghiraukan hal ini. Perangkat iOS 5 yang sudah dijailbreak bisa memiliki lebih banyak fitur daripada iOS 6 yang belum dijailbreak. Itu dengan catatan Anda tahu apa saja yang harus dipasang untuk membuat iPhone menjadi semakin berguna. Bagi yang tidak menggunakan tweak di perangkat iOS, update ke iOS 6 justru menambahkan lebih banyak fitur.

Tabel Dukungan Fitur di Perangkat iOS

Tidak semua fitur baru didukung perangkat iOS Anda. Sebagian perangkat iOS tidak dapat menggunakan fitur-fitur yang membutuhkan proses komputasi yang kuat seperti Panorama di aplikasi Camera. Berikut ini adalah tabel dukungan perangkat iOS yang tersedia di situs Apple. Anda bisa melihat fitur-fitur apa saja yang akan Anda dapatkan dengan upgrade iOS.

Ulasan Fitur Oleh MakeMac

Daftar artikel yang sudah dibahas MakeMac akan ditambahkan setiap kali dipublikasi. Jadi jangan sampai lupa bookmark halaman ini untuk dibaca lain hari.

Demikian ulasan dari MakeMac. Ini belum semuanya karena kami akan menambahkan beberapa ulasan yang belum terdapat pada halaman ini. Tinggalkan komentar mengenai artikel ini atau bertanya seputar fitur-fitur baru di kolom komentar.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Sayz Lim

Latest