Follow Us

Berselancar Anonim di Internet Dengan NetShade

Kuswanto - Selasa, 09 Oktober 2012 | 15:00
Berselancar Anonim di Internet Dengan NetShade

Bagi yang hobi menjelajahi dunia maya pada suatu saat akan dihadapkan pada halaman yang tidak bisa diakses karena batasan alamat IP atau website tersebut dianggap berbahaya oleh pemerintah setempat.

Cara menanggulanginya adalah dengan memakai proxy yang memungkinkan Anda berselancar di internet secara anonim. Bagi yang belum paham apa itu proxy:

Proxy atau server proxy sebuah komputer lain yang menjadi penghubung antara internet dengan komputer Anda. Setiap permintaan dari komputer Anda ke internet akan dilakukan melalui komputer proxy tersebut dan mengolahnya kemudian memberikan hasil dari pemintaan komputer Anda.

Kenapa memakai proxy? Dengan proxy Anda bisa menyembunyikan alamat IP (Internet Protocol) Anda dan menggantikannya dengan IP address proxy server yang Anda pakai. Sebagai contoh, kita di Indonesia biasanya mempunyai awalan alamat IP 202, apabila kita memakai proxy di Amerika Serikat maka alamat IP kita akan digantikan dengan alamat IP di sana, seolah-olah komputer kita berada di Amerika Serikat. Dengan begitu, kita bisa melewati sistem filtering.

Ada banyak proxy yang bisa Anda pakai, yang bisa Anda pakai melalui System Preference > Network, yang agak merepotkan. Biasanya suatu proxy gratisan mempunyai masa hidup pendek atau konektivitas yang jelek, kecuali Anda mengeluarkan uang untuk iuran proxy premium.

Cukup perkenalan tentang proxy, mari lanjutkan ke aplikasi yang akan diulas.

Selama beberapa minggu ini saya memakai NetShade, sebuah aplikasi proxy yang juga menyediakan beberapa proxy didalamnya secara gratis. Untuk berselancar menggunakan proxy cukup jalankan NetShade, kemudian aktifkan proxy dengan menekan tombol ON, selanjutnya Anda memilih server proxy yang tersedia. Secara bawaan NetShade menyediakan proxy di Amerika Serikat, Inggris, Republik Cheko, Jerman, Belanda dan Perancis รขโ‚ฌโ€œ Daftar ini selalu berubah-ubah, daftar proxy di NetShade Anda bisa berbeda. Anda juga bisa menambahkan proxy server sendiri melalui menu Proxy Manager yang dapat diakses melalui tombol gear di kanan atas.

Proxy yang disediakan oleh netshade mempunyai kecepatan yang bagus. Setiap proxy bisa Anda test kecepatannya dengan menekan tombol test. Anda bisa melihat alamat IP proxy yang Anda pakai dengan menekan tombol Check IP.

Ingin melewati filter atau mau selancar anonim? NetShade merupakan aplikasi yang sangat berguna bagi Anda. Anda bisa mengakses atau menggunakan layanan yang mempunyai batasan IP.

NetShade di bandrol dengan harga $29, Anda harus mempunyai Snow Leopard OS X 10.6 atau setelahnya. Komptaible dengan browsers dan aplikasi favorite di Mac Anda.

Website: Download atau beli NetShade


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest