Follow Us

Shortcat: Spotlightnya User Interface

Kuswanto - Rabu, 10 Oktober 2012 | 13:51
Shortcat: Spotlightnya User Interface

Penulis di MakeMac bisa dibilang keyboard junkie. Kami lebih menyukai tangan tetap di keyboard daripada harus menggerakan pointer mouse, terutama ketika sedang menulis. Lain halnya ketika saya sedang mendesain.

Pembaca setia MakeMac pastinya sudah pernah membaca kumpulan artikel shortcut yang kami pernah ulas, mulai dari Cheatsheet.app, ganti shortcut bawaan, 10 shortcut untuk menguasai Finder, atau shortcut dasar bagi pemula. Sekarang ada aplikasi baru yang dapat menjauhkan 90% Anda dari mouse atau trackpad, bernama Shortcat.

Shortcat, sebuah aplikasi kecil yang memungkinkan kita memberikan perintah dengan menuliskan beberapa huruf kemudian kita bisa memilih aksi berikutnya berdasarkan shortcut yang ditampilkan oleh Shortcat. Shortcat bekerja di aplikasi yang sedang aktif, Anda bisa navigasi halaman web dengannya, tekan tombol aplikasi atau apapun yang sebelumnya tidak terbayangkan oleh Anda. Anggap Shortcat sebagai spotlight atau Alfred untuk user interface OS X.

Ngerti? Masih bingung? Baiklah, saya berikan sebuah contoh.

Di atas adalah screenshot Shortcat yang aktif ketika saya menggunakan Safari. Saya bisa mengetik beberapa huruf yang akan memicu Shortcat menampilkan kotak-kotak kuning sebagai target yang dikenalinya. Di atas kotak kuning terdapat huruf shortcut yang ditampilkan yang bisa Anda eksekusi. Jadi, perintah Shortcut sangat mudah, CMD+Shift+Spasi:

<query> <huruf shortcut yang ditampilkan> 
Setelah <query> ada spasi, ya. Ketika Anda sudah mengetikan huruf shortcut yang diinginkan, kotak yang tadinya warna kuning akan berubah menjadi warna hijau. Untuk eksekusi pilihan tinggal tekan Return. Dan, BOOM! Gak perlu pake pointer mouse untuk navigasi situs di Safari.

Saat ini Shortcat masih dalam beta, yang bisa Anda coba sekarang juga gak pake lama.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest