Follow Us

iOS 6: Berbagi Foto Dengan Shared Photo Stream

Fauzan Alfi - Rabu, 10 Oktober 2012 | 14:19
iOS 6: Berbagi Foto Dengan Shared Photo Stream

Sejak kemunculan iCloud, Apple membekali kemampuan ‘awan’ untuk iOS dan OS X. Melalui iOS 5 dan OS X Lion 10.7.2, iCloud dibenamkan dan hadir dengan berbagai layanan berbasis awan pengganti MobileMe yang dianggap tidak berjalan dengan baik.

Salah satu layanan yang ditawarkan iCloud adalah Photo Stream, di mana setiap foto yang ditangkap melalui perangkat iOS atau diimpor ke iPhoto akan diunggah ke ‘awan’ hingga 1000 foto terbaru. Foto-foto tersebut akan tersedia setiap Mac dan perangkat iOS yang terotorisasi dengan akun iCloud yang sama. Sehingga, pengguna tak perlu repot-repot memindah foto secara manual dari perangkat iOS ke Mac atau PC.

Di iOS 6, Apple menghadirkan layanan Shared Photo Stream, di mana kamu bisa berbagi foto hanya dengan orang-orang yang kamu inginkan. Sekilas, layanan ini mengingatkan kita dengan MobileMe Gallery tetapi sebenarnya sangat berbeda.

Berbagi Foto Dari Perangkat iOS atau iPhoto

Untuk membuat album Shared Photo Stream lewat perangkat iOS, buka Photos.app kemudian arahkan ke Photo Stream dan pilih tombol +. Kamu akan diminta memberi nama album yang akan dibagi. Masukkan juga alamat e-mail akun iCloud yang ingin diajak berbagi dan tentukan apakah album bisa diakses untuk umum atau hanya untuk pribadi. Bila album dapat diakses untuk umum, kamu akan mendapatkan tautan album yang dapat dibuka lewat browser. Fitur ini menyerupai MobileMe Gallery di mana orang lain bisa melihat album kita lewat browser. Setiap album yang dibagikan ke pengguna iCloud akan selalu muncul di layar Photo Stream mereka. Sayangnya, hanya si pembuat album saja yang bisa menambahkan foto ke dalam album.

Cara membuat album Shared Photo Stream di iPhoto berbeda dengan di perangkat iOS. Cukup memilih foto-foto yang ingin dibagikan dan di toolbar kanan bawah, pilih tombol Share kemudian pilih Photo Stream. Secara otomatis akan terbentuk album baru. Semua foto yang kamu bagikan di Shared Photo Stream tidak akan mempengaruhi jatah kuota penyimpanan iCloud sehingga kamu tak perlu khawatir.

Beri Komentar Atau Tanda Suka**

Setelah album dipublikasi, semua pengguna iCloud yang sudah kamu beri akses bisa meninggalkan komentar pada masing-masing foto. Tak hanya itu, kamu bisa memberi tanda suka pada salah satu foto dengan memilih emotion senyum. Fitur ini membuka kesempatan Apple untuk sekali lagi membangun jejaring sosialnya setelah sebelumnya gagal membangun Ping dan kemudian menutupnya.

Akhir Kata

Sekali lagi, Apple mencoba masuk ke dunia jejaring sosial dengan menghadirkan Shared Photo Stream di iOS 6. Dengan fitur berbagi komentar dan tanda suka pada foto, interaksi antar pengguna akun iCloud dapat terjalin. Tak hanya pengguna iOS, pengguna Mac pun bisa ikut terlibat lewat Shared Photo Stream di iPhoto. Sayangnya, pengguna iCloud yang dapat berinteraksi harus didaftarkan oleh sang pembuat album. Sehingga, interaksi sosial yang terbentuk masih tertutup. Seandainya Apple dapat memberi opsi untuk melepas batasan ini, Shared Photo Stream dapat menjadi jejaring sosial foto yang diminati banyak pengguna perangkat Apple.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Fauzan Alfi

Latest