Follow Us

Cara Install Aplikasi Adobe Edge Tools & Services Secara Gratis

Kuswanto - Kamis, 11 Oktober 2012 | 13:30
Cara Install Aplikasi Adobe Edge Tools & Services Secara Gratis

Adobe belakangan ini meluncurkan banyak produk unggulan baru di dalam naungan Adobe Creative Cloud. Adobe Creative Cloud sendiri merupakan suatu sistem cloud computing yang disediakan oleh Adobe bagi para profesional. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai secara gratisan, untuk mendapatkan manfaat tambahan Anda bisa membayar biaya bulanan.

Aplikasi yang disediakan dalam naungan Adobe Creative Cloud adalah aplikasi web development yang bisa Anda coba sekarang juga tanpa dipungut bayaran. Aplikasi tersebut adalah: Edge Animate untuk animasi web tanpa Flash, Edge Code untuk menulis kode pemograman, Edge Inspect untuk preview website diperangkat-perangkat, Edge Web Fonts untuk embed web fonts, Typekit sama dengan Edge Web Fonts tapi mempunyai sistem yang berbeda, PhoneGap Build untuk memudahkan packaging aplikasi smartphone.

Cara Mendaftar Adobe Edge Tools & Services

Untuk mendapatkan semua aplikasi tersebut, buka website Adobe.com. Di kolom pencarian, tuliskan Edge, kemudian pilih Get started for free. Kalau ada pop-up meminta untuk mengganti region, hiraukan saja, karena Adobe Edge Tools & Services tidak tersedia di region Sout East Asia.

Di halaman selanjutnya, isi form pendaftaran. Di sini, Anda bisa mengisi negara Indonesia, tidak masalah kok. Kalau sudah mempunyai Adobe ID, Anda bisa menggunakannya dengan menekan tautan "Already have and Adobe ID?”.

Download dan install aplikasi Adobe Edge Tools

Setelah terdaftar dan masuk ke Adobe Creative Cloud. Klik tautan Apps di bagian atas, kalau tidak ada klik tautan “…”. Setelah di halaman Apps, scroll ke bawah, Anda akan menemukan kelompok aplikasi Edge Tools & Services. Silakan download aplikasi yang diinginkan, semuanya gratis dan tidak membutuhkan nomor seri.

Untuk memanfaatkan Edge Inspect di perangkat lain, Anda harus mengunduh aplikasi tambahannya untuk iOS atau Android dan extension Google Chrome.

Edge Web Fonts sudah terintegrasi dengan Edge Code, jadi tidak perlu diinstall.

Aplikasi yang paling berguna bagi saya adalah Edge Animate. Sebagai desainer user interface dan blogger, cara animasi menggunakan CSS3 merupakan masa depan yang pasti yang harus saya ditempuh, dengan Edge Animate saya bisa dengan mudah mendesain animasi untuk proyek-proyek interface dengan mudah dan tentunya tanpa perlu Adobe Flash.

Instalasi aplikasi Adobe Edge Tools sama seperti aplikasi OS X biasa, gak perlu diberikan tutorialnya :)

Nikmati Layanan Adobe Creative Clouds

Website Adobe itu seperti maze yang beputar-putar, informasi yang penting-penting cenderung terkubur atau membutuhkan akses login terlebih dahulu. Begitu juga dengan informasi akun gratisan Adobe Creative Cloud. Akun keanggotaan gratisan mendapatkan masa percobaan 30 hari, menurut TechHive aplikasi Adobe Edge Tools masih bisa digunakan setelah masa percobaan habis. Selama masa percobaan Anda juga mendapatkan storage Adobe Cloud sebesar 2GB.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest